Kegagalan pendidikan adalah kegagalan yang tak pernah di inginkan oleh suatu Oknum maupun Negara
Terjadinya kegagalan pendidikan di sebabkan karena banyaknya problemÂ
Salah satu unsur penyebab nya iyalah Kurangnya suatu literasi yang di dapat sehingga tidak memungkinkan untuk menerapkan teori-teori secara efektif sehingga terjadi suatu ketidak koherensian terhadap penerapan nya secara Konkret.
Kegagalan pendidikan secara komprehensif mungkin di sebabkan kurang nya perhatian guru terhadap gaya terjang cara mengajarnya kepada Murid sehingga membuat kurang nya suatu perkembangan potensi terhadap murid
Dan jarang sekali guru menggunakan sistem mengajar secara scientifik dengan metode yang di dukung oleh suatu media Padahal itu adalah langkah awal untuk mengembangkan potensi murid secara terstruktur dan sistematis.
Dari kurangnya metode yang di terapkan guru sehingga menyebabkan cara mengajarnya mungkin tidak relevan terhadap kapasitas Internal Murid perinduvidual nya. Dan dari suatu kejadian ini bisa menimbulkan kegagalan pendidikan yang masif
Dari suatu kejadian ini banyak para Ilmuwan yang mengkritisi cara mengajar guru terhadap murid yang kurang etis
Salah satunya ilmuwan yang mengkritisi adalah Paulo Freire di dalam buku yang di tulis nya tentang (pendidikan kaum tertindas). Paulo Freire mengemukakan bahwa "kegagalan pendidikan di sebabkan karena ketidak bebasan murid untuk berfikir atau menyatakan pendapat lebih jauh lagi"Â
Memang betul yang di katakan Poulo Freire tentang ketidak bebasan murid untuk berfikir dan berpendapat lebih jauh
Dikarenakan di dalam sistem pendidikan yang cara mengajarnya seperti Sistem Bank yang dimana ruang gerak yang di sediakan bagi kegiatan para murid hanya terbatas pada menerima, mencatat dan menyimpan tanpa di berikan kesempatan untuk mengekspresikan murid untuk bertanya dan lebih Absolut nya di Diskusikan secara keseluruhan
Padahal guru suatu obyektif yang memiliki pengetahuan untuk di isikan kepada murid, sedang kan murid adalah suatu deposit belaka dan sangat jelas sekali pendidikan seperti ini tak ubahnya adalah suatu penindasan terselubung terhadap kreativitas murid,Murid di tuntut untuk mengikuti jalan pemikiran guru Tanpa di beri kesempatan untuk berpikir kritis dan memecahkan masalah yang ada