Mohon tunggu...
M Khairul Sani
M Khairul Sani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pamulang

Berbagi ilmu yang bermanfaat untuk masyarakat

Selanjutnya

Tutup

Money

Implementasi Sistem Pengendalian

14 Juni 2022   06:51 Diperbarui: 14 Juni 2022   07:42 242
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Sistem pengendalian manajemen diperlukan untuk mengendalikan bagaimana strategi dalam perusahaan berlangsung sesuai dengan rencana dan tujuannya. Kesiapan dan kemauan perusahaan untuk mengikuti perkembangan dunia usaha yang akan selalu menghadapi situasi dimana strategi yang direncanakan tidak terdefenisikan dengan baik.

Menurut Anthony dan Reece (1984:824) mendefinisikan sistem pengendalian manajemen sebagai sebuah sistem yang memiliki fungsi dalam pengendalian setiap aktivitas yang terjadi di dalam sebuah perusahaan dalam upaya menentukan strategi yang sesuai untuk diterapkan dan mencapai tujuan perusahaan tersebut.

Fungsi sistem pengendalian manajemen berperan untuk mendeteksi deviasi atau kelemahan yang perbaikan terhadapnya menjadi umpan balik dari suatu kegiatan yang dimulai dari tahap perencanaan hingga tahap pelaksanaan. Hal-hal yang dicakup dalam fungsi pengawasan adalah menciptakan standar atau kriteria, membandingkan hasil monitoring dengan standar, melakukan perbaikan atas deviasi atau penyimpangan, merevisi dan menyesuaikan metode pengendalian sebagai respon atas hasil pengendalian dan perubahan kondisi, serta mengkomunikasikan dan penyesuaian tersebut ke seluruh proses manajemen.

Faktor penting yang mempengaruhi sedain sistem pengendalian manajemen diantaranya adalah lingkungan bisnis, teknologi, struktur organisasi, ukuran organisasi, strategi organisasi dan budaya organisasi ( Chenhall,2003).

Teknologi menjadi salah satu faktor yang mendorong sistem pengendalian manajemen berjalan dengan baik. Mengingat perkembangan teknologi di era globalisasi ini sangat pesat, hal tersebut menjadi pemacu perusahaan untuk mengimbangi kemajuan yang ada yang tak lain tujuannya adalah agar tidak kalah saing dengan perusahaan lain. Hal tersebut juga di implementasikan oleh salah satu perusahaan swasta yaitu PT Dapur Cokelat.

PT Dapur Cokelat adalah perusahaan yang bergerak di bidang Pastry, perusahaan yang memproduksi dan menjual berbagai macam cokelat dan cake. Mulai dari cake, praline, pebbles, ice chocolate, cookies bahkan premix. Yang tentunya bahan dasar dari semua produknya adalah chocolate sesuai dengan slogan andalannya yaitu “All About Chocolates and Cakes”. Dengan prpduk andalanya yaitu cake yang tersedia berbagai macam varian, ada Two Season, Opera Cake, Double Chocolate, Triple Decker, Mango Cassata, Milky O Cake, Red Velvet, Choco Monkey, Mokka Torte, Black Forest, Pudding Cheese Cake, Choffetty Pudding dan masih banyak lagi lainnya.

 Dapur Cokelat didirikan pada tahun 2001 oleh Ermey Trianiaty yang mana beliau menjadi proses yang panjang. Bermula dari kedai kecil hingga sekarang berkembang pesat menjadi sekitar 29 outlets dan 45 delivery points yang tersebar di Indonesia. Wilayah tersebut antara lain, Jabodetabek, Bandung, Makasar, Pekanbaru, Malang, Surabaya, Bali.

Dapur Cokelat dengan cepat menghadapi era digital dengan melakukan digitalisasi usahanya dan segera beradaptasi di era pandemi dengan menciptakan kue baru dengan harga terjangkau, membuat pick-up points dan menjual adonan premix. Pick up points sendiri digunakan untuk melakukan pemesanan melalui online baik menggunakan Delivery Dapur Cokelat atau biasa disebut ChocoCall, Aplikasi Grab Food, Shopee Food, Traveloka, Go Food. Hal tersebut bertujuan untuk mempermudah customer untuk order cake atau chocolate tanpa harus datang ke outlet langsung.

Selain kualitas produk yang enak, pelayanan yang baik dan maksimal menjadi daya tarik customer untuk kembali untuk membeli cake dan chocolate di Dapur Cokelat. Dengan perkembangan zaman yang terus berjalan manajemen Dapur Cokelat membuat wadah atau tempat untuk proses order customer yaitu sebuah aplikasi. Aplikasi Dapur Cokelat Indonesia di release pada tanggal 5 Mei 2022.

Aplikasi Dapur Cokelat ini akan menawarkan kemudahan mendapatkan informasi produk dan pemesanan. Pelanggan juga akan dengan mudah memesan kue dari Dapur Cokelat, termasuk pemilihan tanggal, jam dan sistem pengiriman, hingga metode pembayaran. Pembeli juga dapat melakukan pesanan khusus yang bisa dipersonalisasi untuk diberikan kepada orang lain.

Tak hanya itu saja, dengan mendownload aplikasi customer juga mendapatkan point dan promo yang memarik salah satunya special price cake Double Chocolate 75.000, All Cake reguler hanya 199.000, diskon 25% dengan maksimal diskon 50.000 dan masih banyak lagi promo promo yang akan diluncurkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun