Mohon tunggu...
Muhammad Salman Alfarisi
Muhammad Salman Alfarisi Mohon Tunggu... Programmer - Frontend Developer | FnDigitalCode.com

Lorem ipsum dolor amet.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Era Digital Baru, Mahasiswa KKN Tim I Undip 2023/2024 Beri Edukasi IT Melalui Game

13 Februari 2024   15:24 Diperbarui: 13 Februari 2024   15:49 92
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pelaksanaan edukasi di SMPN 2 Grabag - (dokumen pribadi)

Sumurarum, Magelang (17/01/2024) - Pada era di mana teknologi digital semakin mendominasi kehidupan sehari-hari, penting bagi masyarakat, terutama generasi muda, untuk memiliki pemahaman yang kuat tentang teknologi informasi (TI). Mahasiswa KKN dari Tim I Universitas Diponegoro 2023/2024 telah memberikan kontribusi luar biasa dalam pendidikan TI melalui inisiatif yang inovatif dan kreatif.

Antarmuka pengguna website Scratch - (sumber pribadi)
Antarmuka pengguna website Scratch - (sumber pribadi)

Dengan menggunakan media website bernama Scratch, mahasiswa KKN memberikan edukasi TI kepada murid SMPN 2 Grabag dengan cara yang interaktif. Scratch sendiri adalah sebuah lingkungan pemrograman visual yang memungkinkan pengguna, terutama anak-anak dan remaja, untuk belajar tentang pemrograman melalui pembuatan game dan animasi yang sederhana.

Tim KKN dari Undip ini merancang berbagai aktivitas pembelajaran yang mengintegrasikan konsep-konsep dasar TI melalui pembuatan game menggunakan Scratch. Mahasiswa memberikan workshop dan sesi pembelajaran yang interaktif bagi siswa-siswa dan tenaga pendidik di sana.

Pentingnya teknologi informasi dalam kehidupan modern tidak bisa diragukan lagi. TI memainkan peran penting dalam berbagai aspek kehidupan, mulai dari pendidikan, bisnis, hingga komunikasi. Pemahaman yang kuat tentang TI membantu individu dalam memecahkan masalah, berinovasi, dan bersaing dalam pasar kerja yang semakin kompetitif.

 

Poster serta tautan web e-modul - (dokumen pribadi)
Poster serta tautan web e-modul - (dokumen pribadi)

Melalui penggunaan Scratch, para siswa dapat dengan mudah membuat game sederhana dan animasi, yang pada gilirannya membantu mereka memahami konsep-konsep seperti urutan perintah, pengulangan, dan kondisi. Lebih dari sekadar mengajar, mahasiswa KKN ini juga berperan sebagai mentee, membimbing siswa-siswa dalam proses pembelajaran mereka. Mahasiswa juga memberikan poster dan website untuk mendukung keberlanjutan program di tangan tenaga pendidik. (website)

Kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat pendidikan kepada murid-murid, tetapi juga memberikan pengalaman berharga bagi para mahasiswa KKN. Mahasiswa belajar tentang pentingnya kolaborasi tim, kreativitas dalam pendidikan, dan kemampuan untuk beradaptasi dengan teknologi baru.

Pelaksanaan program edukasi - (dokumen pribadi)
Pelaksanaan program edukasi - (dokumen pribadi)

Dengan inisiatif seperti ini, mahasiswa KKN Undip Desa Sumurarum telah membuktikan bahwa pendidikan TI dapat diakses secara menyenangkan dan menarik bagi semua kalangan masyarakat. Mereka telah memberikan kontribusi yang berarti dalam mempersiapkan generasi masa depan untuk menghadapi tantangan dunia digital yang terus berkembang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun