Periklanan atau Advertising dalam bahasa Yunani yang berarti menggiring orang pada suatu gagasan, dapat dikatakan Advertising merupakan penyajian dari sebuah materi atau penyampaian pesan dengan cara yang persuasif terhadap audience dengan menggunakan media massa yang bertujuan untuk mempromosikan barang atau jasa yang disediakan. Iklan juga dibentuk sebagai informasi suatu produk atau jasa yang disediakan oleh produsen kepada para konsumen yang disampaikan dari sebuah sponsor melalui berbagai media. Untuk mengetahui lebih dalam tentang Advertising, adapun pendapat advertising menurut beberapa ahli sebagai berikut.
*Menurut Djaslim Saladin (2002:219)
"advertising merupakan suatu alat promosi yang biasanya digunakan untuk mengarahkan komunikasi persuasif kepada konsumen sasaran dan dimana bentuk penyajiannya iklan ini bersifat non-personal".
*Menurut Jefkins (1997:16)
"Periklanan merupakan suatu proses komunikasi yang berkelanjutan yang membawa khalayak ke informasi terpenting hanya perlu mereka ketahui sendiri".
*Menurut Kotler (2000)
"Iklan ialah salah satu dari dalam bauran promosi promotion mix yang terdiri dari dalam 5 bauran".
*Menurut Fandy Ciptono (2008:225)
"iklan adalah suatu bentuk promosi yang banyak digunakan dalam perusahaannya untuk mempromosikan sebuah produknya".
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H