Mengapa Brand Development Penting?
Pemasaran adalah tentang berkomunikasi dengan audiens Anda dan Brand Development adalah proses yang sangat penting dan berkelanjutan. Anda tidak akan pernah bisa mengatakan bahwa Anda telah selesai mengembangkan strategi Brand Development Anda. Itu sebabnya sebagian besar pemilik bisnis fokus tentang Brand Development.
Bagaimana Brand Prouk Anda Mempengaruhi Bisnis Anda?
Brand Produk Anda ada di benak orang-orang. Bagaimana mereka berpikir dan merasakannya akan memiliki pengaruh besar pada banyak hal. Apakah mereka akan beralih dari audiensi ke pelanggan tergantung pada nilai Brand Produk Anda di benak mereka. Apakah mereka akan terus kembali ke produk atau layanan Anda? Itu tergantung pada keandalan Brand Anda.
Apakah mereka akan membagikan cerita Anda dengan komunitas mereka tergantung pada seberapa senang mereka dengan produk Anda. Dengan demikian, kita dapat lebih lanjut menyimpulkan bahwa branding memainkan peran penting dalam meningkatkan nilai produk Anda, selain memperluas basis pelanggan produk Anda dan membangun loyalitas di dalamnya.
Mari kita asumsikan bahwa Anda telah menyelesaikan langkah nol, yang akan menentukan produk atau layanan yang akan Anda jual. Kita akan menjelajahi langkah-langkah selanjutnya, satu per satu, masing-masing menggambarkan aspek kunci dari proses.
Inilah Strategi Brand Development:
01. Identifikasi Target Audiens Produk Anda
Anda tahu apa yang akan Anda jual, dan Anda memiliki ide bagus tentang apa yang ingin Anda katakan. Namun, Anda perlu memahami siapa sebenarnya yang perlu mendengarnya. Pendapat audiens target Anda adalah yang paling relevan karena akan mempengaruhi bisnis Anda dan pengembangan merek dengan cara yang paling relevan dan langsung.
Cobalah untuk memikirkan sebanyak mungkin karakteristik pelanggan potensial Anda. Ini dapat mencakup, misalnya, kategori sosiodemografi, perilaku, minat, nilai, dan sebagainya. Setelah itu, cobalah untuk memvalidasi asumsi Anda melalui penelitian, baik online maupun offline.
Anda dapat memperoleh data dengan menjelajahi forum yang relevan, media sosial, melakukan survei. Jelas, Anda akan melakukan semua ini dengan hasil akhir dari menciptakan persona pelanggan rinci yang akan memandu strategi pemasaran dan branding masa depan Anda.
Idenya adalah bahwa sekali Anda memiliki deskripsi profil terperinci tentang orang-orang yang akan tertarik untuk membeli apa yang Anda jual, Anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang cara mendekati mereka dan bagaimana membangun citra positif dalam pikiran mereka tentang apa yang Anda sedang dilakukan
02. Tetapkan Misi Dan Visi Anda
Dalam bisnis, setiap kegiatan memiliki atau harus memiliki tujuan, dan tujuan bersama yang harus dicapai oleh semua transaksi bisnis gabungan Anda didefinisikan sebagai pernyataan misi Anda. Harus ada alasan yang jelas untuk masuk ke bisnis, selain dari sekadar “menghasilkan uang.”
Namun, alasannya harus beresonansi dengan audiens target Anda. Mungkin Anda mencoba memecahkan masalah tertentu atau meningkatkan kesejahteraan kelompok tertentu dengan apa yang Anda tawarkan.
Seperti apa dan bagaimana keadaan setelah Anda mencapai tujuan Anda disebut pernyataan visi. Sementara Anda akan menggunakan misi Anda untuk menarik nilai-nilai dan kepercayaan orang, Anda akan menggunakan visi Anda untuk membuat koneksi dengan harapan dan impian orang.
Pernyataan singkat ini harus menjadi dasar untuk proses branding produk Anda karena semua aktivitas yang mengikuti harus sejalan dengan mereka sampai batas tertentu. Selain memberi tahu Anda apa yang harus Anda lakukan, mereka juga dapat memberi tahu Anda apa yang tidak boleh dilakukan.