Mohon tunggu...
M Raihan Salam Malik
M Raihan Salam Malik Mohon Tunggu... Mahasiswa - Fisip Universitas Brawijaya

seorang Mahasiswa Ilmu Politik Universitas Brawijaya yang suka menulis opini terkait politik, pop kultur, dan tren dengan beberapa perspektif berbeda

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mahasiswa UB Membangun Minat Baca Anak lewat Program Memahami Literasi dan Numerasi

28 Agustus 2024   10:15 Diperbarui: 28 Agustus 2024   10:38 16
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Desa Wringinanom, 29 Juli 2024 - Mahasiswa Universitas Brawijaya yang tergabung dalam FBD Jantra telah meluncurkan sebuah program kerja yang berfokus pada pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) desa, khususnya dalam bidang pendidikan berkualitas. Program ini bertujuan untuk meningkatkan minat literasi dan numerasi di kalangan siswa sekolah dasar, dengan pendekatan yang inovatif dan terintegrasi. 

Melalui berbagai aktivitas edukatif dan penyuluhan, FBD Jantra berkomitmen untuk mengembangkan keterampilan dasar anak-anak, sekaligus mendorong mereka untuk lebih aktif dan kreatif dalam belajar. Inisiatif ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, tetapi juga untuk memperkuat fondasi masa depan generasi muda di desa-desa sekitar.

Kelompok 08 Forum Belajar Desa (FBD) Jantra Universitas Brawijaya menyelenggarakan program kerja bertema "Membangun Minat Literasi dan Numerasi" yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dasar anak-anak di sekolah dasar. 

Program ini dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan sesi perkenalan yang dipandu oleh penanggung jawab acara, yaitu Raihan Malik, Zidane Bagus, dan Nabiha Fathoni. Dalam sesi pembukaan ini, para mahasiswa memperkenalkan berbagai aktivitas yang dirancang untuk memotivasi siswa dalam belajar literasi dan numerasi dengan cara yang menarik dan interaktif.

Sesi penyampaian materi/dokumentasi pribadi
Sesi penyampaian materi/dokumentasi pribadi
Program "Membangun Minat Literasi dan Numerasi" yang diselenggarakan oleh Kelompok 08 Forum Belajar Desa (FBD) Jantra Universitas Brawijaya dimulai dengan penjelasan yang menarik untuk anak-anak melalui tema petualangan yang interaktif. Pendekatan ini dirancang untuk membuat proses belajar lebih menyenangkan dan memudahkan anak-anak dalam memahami materi yang disampaikan oleh para pemateri. Selama sesi, anak-anak tidak hanya mendapatkan informasi penting tentang literasi dan numerasi, tetapi juga dihibur dengan kuis-kuis interaktif yang berkaitan langsung dengan materi. Aktivitas ini bertujuan untuk menguji pemahaman mereka dengan cara yang menyenangkan dan memotivasi mereka untuk terlibat aktif dalam proses belajar.

Sesi kuis Interaktif/Dokumentasi Pribadi
Sesi kuis Interaktif/Dokumentasi Pribadi
Anak-anak di SDN 02 Wringinanom menunjukkan antusiasme yang luar biasa selama program "Membangun Minat Literasi dan Numerasi" yang diadakan oleh Kelompok 08 Forum Belajar Desa (FBD) Jantra Universitas Brawijaya. Dengan metode pembelajaran berbasis petualangan interaktif dan kuis-kuis yang seru, para siswa tampak sangat senang dan bersemangat dalam mengikuti setiap aktivitas. Mata mereka berbinar saat berpartisipasi dalam berbagai permainan edukatif dan saat mereka terlibat dalam diskusi yang menyenangkan. 

Keterlibatan aktif mereka tidak hanya menunjukkan betapa menariknya materi yang disampaikan, tetapi juga mencerminkan betapa besar minat mereka terhadap pembelajaran literasi dan numerasi yang dikemas dengan cara yang inovatif dan menghibur. Keberhasilan program ini dalam menarik perhatian dan menghibur anak-anak menjadi bukti nyata efektivitas pendekatan yang digunakan dalam meningkatkan minat belajar mereka.

Pembuatan pojok literasi/dokumentasi pribadi
Pembuatan pojok literasi/dokumentasi pribadi

Sebagai bagian dari akhir program, anak-anak diberi kesempatan untuk menyalurkan kreativitas mereka dengan membuat pojok literasi di kelas masing-masing. Kegiatan ini dirancang untuk mendorong anak-anak dalam menerapkan pengetahuan yang telah mereka peroleh dan menjadikannya lebih personal serta menarik. 

Dengan melibatkan mereka dalam pembuatan pojok literasi, para mahasiswa tidak hanya meningkatkan keterampilan literasi dan numerasi anak-anak, tetapi juga membangun rasa kepemilikan dan kebanggaan terhadap ruang belajar mereka sendiri. Program ini berhasil menggabungkan edukasi dengan elemen hiburan dan kreativitas, memberikan pengalaman belajar yang menyeluruh dan menyenangkan bagi para peserta.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun