Interaksi peserta didik difabel di sekolah inklusi sangat penting karena dapat memberikan manfaat besar baik bagi peserta didik difabel maupun bagi teman-teman sekelas mereka yang tidak difabel. Beberapa argumen yang mendukung interaksi ini antara lain:
1.Meningkatkan Kesadaran dan Empati
Dengan berinteraksi langsung, siswa yang tidak difabel dapat lebih memahami tantangan yang dihadapi oleh teman-teman difabel.
2.Pengembangan Sosial yang Lebih Baik
Interaksi antar peserta didik yang berbeda kemampuan memberikan kesempatan untuk membangun keterampilan sosial yang lebih luas.
3.Pembelajaran Berbasis Kolaborasi
Dalam lingkungan inklusi, pembelajaran lebih cenderung dilakukan secara kolaboratif. Siswa difabel seringkali membawa perspektif yang berbeda, yang bisa memperkaya pengalaman belajar bagi semua peserta didik.
4.Menumbuhkan Rasa Percaya Diri bagi Peserta Melalui interaksi yang positif, peserta didik difabel merasa lebih diterima dan dihargai. Ini dapat meningkatkan rasa percaya diri mereka dalam belajar dan berpartisipasi dalam kegiatan sekolah.
Menurut Prasetyo interaksi terhadap peserta didik difabel dapat dilakukan dengan interaksi simbolik melalui alat bantu seperti puzzle, gambar, dan simbol-simbol pendukung lainnya.
 interaksi peserta didik difabel di sekolah inklusi sangat penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang adil, merata, dan mendukung perkembangan setiap individu tanpa terkecuali. Sekolah inklusi tidak hanya memberikan kesempatan kepada peserta didik difabel untuk mengakses pendidikan yang setara, tetapi juga memungkinkan seluruh siswa untuk belajar tentang keberagaman, toleransi, dan empati. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk terus mendukung dan memperkuat penerapan prinsip inklusi di sekolah-sekolah, agar semua anak, baik dengan atau tanpa disabilitas, dapat tumbuh, berkembang, dan meraih potensi terbaiknya dalam masyarakat yang lebih inklusif dan berkeadilan.