Mohon tunggu...
Tutup Akun
Tutup Akun Mohon Tunggu... Operator - Tutup Akun

Tutup Akun

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Dasar-dasar Email Marketing

29 Agustus 2019   17:08 Diperbarui: 29 Agustus 2019   17:25 48
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Email marketing adalah salah satu media pemasaran yang paling efektif di Internet. Anda dapat menggunakannya untuk mempromosikan situs web Anda, untuk berinteraksi dengan pelanggan Anda, untuk menghasilkan uang dengan menawarkan afiliasi dan sebagainya. Namun, sebagian besar blogger dan pemilik situs masih mengabaikan email marketing.

Itu sebabnya saya memutuskan untuk menulis panduan singkat dengan semua yang perlu Anda ketahui untuk memulai email marketing. Nikmatilah.

Apa itu Email Marketing?

Email marketing adalah suatu bentuk pemasaran langsung yang menggunakan email sebagai media komunikasinya. pemasaran langsung adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan bentuk-bentuk pemasaran segala sesuatu yang langsung ke target pemasaran, sehingga tidak melewati media periklanan konvensional, yang meliputi televisi, media cetak dan radio.

Pada dasarnya para marketer menggunakan email marketing dengan cara mengumpulkan alamat email dari prospek dan klien, kemudian marketer akan mengirim pesan email kepada mereka yang berisi informasi mengenai produk, penawaran khusus dan sebagainya. Namun marketer harus secara eksplisit meminta izin untuk mengumpulkan alamat email dan mengirim pesan-pesan email selanjutnya, dan ini biasanya dilakukan dengan cara double opt-in (di mana berlangganan harus mengisi formulir dengan nama dan alamat email, kemudian klik. Link konfirmasi dikirim lewat email).

Mengapa Anda Harus Menggunakan Email Marketing?

Dewasa ini email marketing mulai digunakan oleh berbagai individu, termasuk blogger, pemilik website, affiliate marketer dan pemilik usaha kecil. Hal ini terjadi karena email marketing terbukti ampuh menjadi salah satu jalur pemasaran yang paling efektif di jagat online.

Pesan email bisa dikirim langsung ke pelanggan ( berbeda dengan periklanan review post atau iklan banner yang mengharuskan orang untuk mengunjungi situs web Anda). Kedua, jika Anda rajin mengontrol newsletter email Anda, Anda akan mampu membangun hubungan yang solid dengan pelanggan Anda, dan anda juga akan menghasilkan tingkat konversi yang sangat tinggi (yaitu, pelanggan Anda akan memperhatikan apa yang Anda rekomendasikan untuk mereka, dan benar-benar akan mengambil tindakan berdasarkan kepedulian Anda terhadap mereka).

Akhirnya, email marketing sangat fleksibel, dan dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Anda bisa menggunakannya untuk mengarahkan trafik ke situs Web Anda, untuk mempromosikan afiliasi, untuk membangun hubungan dengan pelanggan yang ada, dan untuk memulai proyek baru dan sebagainya.

Email Marketing BUKAN Spam

Banyak orang enggan untuk mulai menggunakan email marketing karena mereka mengasosiasikannya sebagai spam. Dengan kata lain, mereka percaya bahwa email marketing adalah seni spamming dan berusaha untuk menghasilkan uang dengan cara yang kotor. Ini jelas suatu kekeliruan antara alat dan bagaimana Anda menggunakan alat tersebut. Email marketing hanyalah sebuah alat pemasaran, jadi tergantung dari anda bagaimana cara menggunakan alat tersebut dengan bijaksana.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun