Mohon tunggu...
Aulia Sutejo
Aulia Sutejo Mohon Tunggu... karyawan swasta -

Perempuan asli... terlahir di jakarta pada waktu peringatan kesaktian pancasila, lalu pernah dicubit pipinya pada waktu bapak Fuad Hassan menjadi mentri pendidikan di pameran buku gramedia, lalu merantau ke negeri kanguru tinggal dimana terdapat 2 jembatan legendaris dan rumah opera yang seperti kerang. bekerja sukarela di sebuah radio komunitas yang bernama Radio Duta Nusantara :)

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Tata Krama/Sopan Santun Sudah Jadi Barang Langkakah?

30 Januari 2012   05:17 Diperbarui: 25 Juni 2015   20:18 229
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

kemaren di Sydney ada reuni kecil2an temen2 SMU suami saya. katanya boleh bawa pasangan/keluarga, jadi misua saya bawa saya jalan.kebetulan ada beberapa anak2 di reunian itu yang saya kenal. jadi ya OK lah... daripada bengong di rumah juga. lokasi juga deket dari rumah, cuma 5 menit naek mobil.

Sampe sono apart from bapak panitia, yg dateng baru kita doang. nunggu kira2 20 menitan baru ada yg dateng. trus abis itu ada yg duduk ngosongin bangku di sebelah saya. para peserta reuni terus berdatangan tapi gngak ada yg ngisi bangku kosong di sebelah saya sampe akhirnya orang terakhir terpaksa duduk disitu. terus langsung pasang punggung ke saya.. nggak pake kenalan dulu nggka pake salaman, langusng pasang punggung trus ngobrol sama sebelah kirinya.

nah ini reuni reuni macem2 angkatan, gak cuma 1 angkatan doang. kebetulan yg "terpaksa" duduk di sebelah saya itu 2 angkatan di bawah suami saya (yg notabene angkatan saya jg karena saya dan duami seumur). lalu pesen makanan, ngobrol2... blablabla...

NAHH... pas makanan dateng, itu manusia satu ngambil makanan langsung nyelonong aja dengan tangannya hampir nyenggol muka saya. udah gitu pas makan tangan ditekuk dan nggak pake tedeng aling2 di tempat yg sempit itu dia makan sambil sikutnya hampir nyikut kepala saya.

sampe mikir dah... itu orang satu kaga pernah belajar sopan santun kali ya? kalo saya sih terus terang aja, saya diajarkan sopan santun dengan keras sama orang tua saya.

buat para orang tua baru, kalo punya anak (terutama anak laki2), saya minta tolong diajarin sopan santun biar kaga bikin orang bete kayak si jelek kemaren malem itu... lagian kalo punya anak sopan terus di puji kan yg bangga ibu bapaknya kan ya?

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun