Mohon tunggu...
Mont Blanket
Mont Blanket Mohon Tunggu... -

A mom, a wife, love to travel

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Pengalaman Odontectomy (Bedah Gigi Bungsu)

25 April 2017   17:30 Diperbarui: 26 April 2017   03:00 25639
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sekitar Awal tahun 2017 saya mengalami sakit gigi bagian ujung bawah sebelah kiri (gigi bungsu sebelah kiri). Sakit kali ini sangat mengganggu, karena menimbulkan sakit pada telinga sebelah kiri, Jujur saja, sejak melakukan scaling pada dokter gigi, saya agak trauma untuk "berurusan" kembali dengan dokter gigi. Karena, tdk tahan pada proses scaling-nya.

Karena mengalami sakit yang sudah tidak bisa saya tahan lagi, akhirnya saya ke dokter gigi. Dokter gigi memeriksa kondisi gigi, dan ternyata saya sudah melakukan foto panoramic (rontgen gigi). Dari hasil pemeriksaan, dokter menyarankan untuk melakukan operasi bedah gigi bungsu sebelah kiri bagian atas dan bawah. 

Selang 1 bulan kemudian, saya balik lagi konsultasi ke dokter gigi yang berbeda. Karena obat dari dokter gigi sebelumnya sdh habis, namun gigi masih terasa sakit. 

Setelah melakukan pemeriksaan, dokter gigi yang kedua pun menyarankan kepada saya untuk menemui dokter spesialis bedah mulut dan melakukan Odontectomy.

Ternyata gigi bungsu saya berlubang, jadi harus di bor dan di tambal. Jangan tanya rasanya, saat di bor, rasanya keringat dingin dan ingin menggigit tangan si dokter :-(

Dokter berpesan, bahwa tambalan gigi tersebut bersifat sementara, jadi harus segera melakukan operasi gigi bungsu disaat gigi tidak sedang sakit.

Setelah selesai, saya lanjut membuat janji temu pada hari Jum'at 17 Maret 2017 dengan dokter spesialis bedah mulut yang rencana awal untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu.

Pada hari Kamis 16 Maret 2017, saya melakukan pencarian di google tentang pengalaman orang-orang yang sudah melakukan operasi gigi bungsu sebagai amunisi mental menghadapi operasi gigi bungsu yang sekiranya akan dilakukan Jum'at 17 Maret 2017.

Hari yang dijadwalkan tiba, rencana awal hanya ingin berkonsultasi, ternyata langsung eksekusi. Mumpung ada nyali.

Setelah dokter membuat surat rujukan, saya pun menghubungi pihak asuransi.  Karena biaya operasi gigi bungsu ini terhitung lumayan mahal.

Pukul 19:00 operasi dimulai, dokter memberi suatu olesan di gusi yg entah namanya apa, kemudian melakukan pembiusan di gusi dengan suntikan. Sekitar gusi dan gigi sudah mulai terasa ba'al. Dokter mulai membedah bagian gusi, memasukan segala alat kedokteran gigi ke mulut. Dan 2 gigi bungsu yang berhasil dikeluarkan & proses penjahitan dalam waktu 35 menit. Cepat bukan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun