Mohon tunggu...
Monika Fresdina
Monika Fresdina Mohon Tunggu... Mahasiswa - Monika Fresdina

seorang mahasiswi

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Pengaruh Gaya Belajar AudioVisual terhadap Keaktifan Siswa

29 Maret 2022   00:08 Diperbarui: 29 Maret 2022   12:12 160
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Belajar merupakan sebuah proses yang dialami oleh tiap individu yang berlangsung sepanjang hidup. Proses belajar adalah proses yang kompleks dimana hal ini terjadi karena adanya hubungan antara individu dengan lingkungan mereka. Dalam hal ini, lingkungan memiliki peran sangat penting dalam proses belajar individu. Melalui lingkungan, dapat ditemukan proses alami belajar antar individu, individu dengan kelompok serta kelompok dengan kelompok. Disamping belajar, seorang siswa juga dituntut untuk dapat menyelesaikan tugas sekolah mereka dimana tugas ini didapatkan setelah kegiatan belajar mengajar di sekolah. Dalam hal ini, para pengajar dapat menggunakan alat-alat penunjang pembelajaran, meskipun alat sederhana tetapi setidaknya alat tersebut masih dapat bekerja dengan efektif dan efisien.

Disamping bisa memakai alat-alat yang tersedia, pengajar juga dituntut buat bisa berbagi keterampilan terkait membuat media pembelajaran sendiri jika media yg diharapkan tidak ada. Persoalan ini menjadi hambatan besar para siswa karena saat ini jarang adanya pengajar yang menggunakan media pembelajaran. Padahal sudah menjadi tugas para guru untuk mengurus dan mengupayakan kegiatan belajar mengajar menjadi efektif dan dapat mencapai sasaran pembelajaran yang ditentukan.

Media Pembelajaran digunakan untuk tujuan dan terarah sesuai kebutuhan. Sedangkan berdasarkan beberapa hasil penelurusan yang ada, media pembelajaran yang selama ini dipergunakan di sekolah ialah gambar, papan tulis, laptop serta LCD Projector, dan buku paket. Media belajar tersebut dipilih sebab media tersebut bisa membantu guru dalam menyampaikan materi, penampilan media yang mudah dan materi belajar jadi lebih simpel untuk di pahami siswa supaya media dan materi pembelajaran sesuai, maka guru harus melihat terlebih dahulu materinya dan kemudian menyediakan media yang sesuai dengan kebutuhan.

Kemudian guru mengukur keberhasilan media tersebut dengan cara pemberian tugas secara individu atau kelompok kepada siswa. Pemberian tugas dilakukan setelah penyampaian materi. Dengan hal ini, guru dapat mengukur tingkat pengetahuan siswa terkait materi yang sudah diberikan. Adapun media pembelajaran Audio-Visual yang dapat digunakan yaitu :

(1)Televisi

(2)Buku Teks

(3)Gambar yang disesuaikan dengan materi pembelajaran

(4)Laptop dan LCD Proyektor (multimedia).

(5)PPT

Penggunaan media-media diatas dapat memberi kemudahan untuk siswa dalam memahami materi yang disampaikan guru. Dalam hal ini dengan penggunaan media pembelajaran seperti yang disebutkan mampu meningkatkan minat belajar dan mengembangkan inovasi siswa terhadap media yang digunakannya selama pembelajaran berlangsung. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa yang meningkat. Dari hasil yang sudah didapat diatas, dapat kita ketahui bersama bahwa media pembelajaran memiliki andil yang cukup penting dalam meninagkatkan kemampuan dan mempermudah belajar mengajar disekolah. Beberapa hal yang dirasakan guru dan siswa selama menggunakan media pembelajaran adalah :

•Proses belajar mengajar semakin mudah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun