Monika Ekowati
Monika Ekowati Mohon Tunggu... Guru - Seorang biarawati Tarekat SND--> ARTIKEL yang kutulis ini khusus untuk KOMPASIANA Jika muncul di SITUS lain berarti telah DIJIPLAK tanpa IJIN PENULIS !

Betapa indahnya hidup ini, betapa saya mencintai hidup ini, namun hanya DIA yang paling indah dalam Surga-Nya dan dalam hidupku ini, saya akan mencintai dan mengabdi DIA dalam hidupku ini ARTIKEL yang kutulis ini khusus untuk KOMPASIANA Jika muncul di SITUS lain berarti telah DIJIPLAK tanpa IJIN PENULIS !

Humaniora Pilihan

[Indonesia Butuh Tertawa] Kalau Kita Angkat Tangan, Tuhan Pasti Turun Tangan

26 Desember 2020   15:21 Diperbarui: 26 Desember 2020   15:29 500

"Kekhawatiran  akan  membunuh  rasa  bahagia, maka  jangan  lupa  untuk  berbahagia."

Perjalanan  Visitasi bersama  Assisten  Jendral

Baru  saja  saya  kembali  mendampingi  Asisten  Jendral  untuk  mengadakan  Visitasi  tahunan  mulai  dari  Lampung, lanjut  ke  Merauke, Papua, kembali ke  Jakarta  lagi.

Setelah  dua  hari  di  Jakarta  kembali melanjutkan  perjalanan  ke  pulau  Guimaras  Philipina. Untuk  menuju  kesana  kami  dari  Manila  terbang  ke  Ilo-ilo- menunggu  situasi  baik, maklum  di  Philippines  sering  ada  badai  dan  membuat  gelombang  laut  tiba-tiba  pasang.

Puji  Tuhan  kami  punya  biara  di  Ilo-ilo  jadi  bisa  istirahat  sejenak, kemudian  melanjutkan  perjalanan  ke  Guimaras biasa  dengan  naik  Spead Boad, namun  untuk  kali  ini  kami  menggunakan  Oro-oro ( di  Indonesia  disebut  Kapal Very ).

Cuaca  lumayan  bagus, mobil  kami  masuk  Very  berdesakan  dengan  Truk  besar  sehingga  kami  tidak  dapat  menikmati  pemandangan  indah. Kami hanya  duduk  di  mobil  menahan   pengab  dan  panas.  Kurang  lebih  45  menit  kami  sampai  di  Pelabukan  Guimaras.

Kunjungan ke Keluarga di Lampung (dok pri)
Antrian  Truk  dan  mobil  lainnya  cukup  panjang sehingga  kami  harus  bersabar. Sampailah  di  mulut  dermaga  dan  melaju  menuju  Guimaras  memakan waktu 2 jam. Kami mengadakan  Visitasi  tahunan  melihat  dari  dekat  kerasulan Pendidikan di tengah  nelayan  miskin.

Lima  hari  kami  berada  disana, untuk  berdiskusi, melihat  kegiatan  di  sekolah  dan  keadaan  para  suster  yang  berkarya  didaerah  Misi  Ad Gentes.Setelah  urusan  selesai, kami  kembali  ke  Ilo-ilo  dengan  jalur  yang  sama, menggunakan  jalan  darat  naik  mobil dan  masuk  Oro-Oro. Meskipun kami  berangkat  pagi pukul 06.30, untuk  menunggu  penyebrangan  di siang  hari.

Kami  menginap  lagi di  biara  kami  yang  ada  di  Ilo-ilo, malamnya  sempat  diajak  keliling  untuk  menikmati suasana  malam  di  kota  yang  termasuk kota  besar  di  Philippines.

Pagi  harinya  dini  hari  jam 04.00  waktu  setempat  kami  diantar  kebandara. Suasana  sudah  menegangkan karena  kehadiran  Corona sudah  menyebar. Kami  diperiksa  satu  persatu, setelah  kami  menunggu  cukup  lama, kami  terbang ke  Davao, disini  kami  juga  punya  banyak  waktu  untuk  menunggu.

Biasanya  kami  berdoa, membaca  buku dan  jalan-jalan  melihat sekeliling  bandara.  Davao  kotanya  tertata  dan  kelihatan  indah, sejak  kami turun  dari pesawat  dan  keluar  dari  pintu  lain  untuk  menuju ruang  tunggu jalur  penerbangan  ke  Clark.