Mohon tunggu...
Monika Ekowati
Monika Ekowati Mohon Tunggu... Guru - Seorang biarawati Tarekat SND--> ARTIKEL yang kutulis ini khusus untuk KOMPASIANA Jika muncul di SITUS lain berarti telah DIJIPLAK tanpa IJIN PENULIS !

Betapa indahnya hidup ini, betapa saya mencintai hidup ini, namun hanya DIA yang paling indah dalam Surga-Nya dan dalam hidupku ini, saya akan mencintai dan mengabdi DIA dalam hidupku ini ARTIKEL yang kutulis ini khusus untuk KOMPASIANA Jika muncul di SITUS lain berarti telah DIJIPLAK tanpa IJIN PENULIS !

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Ketika Anggrek Berbunga dan Melati Menyebarkan Harumnya

2 November 2020   09:40 Diperbarui: 2 November 2020   09:47 278
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mengenang  orang-orang  tercinta  yang  telah  kembali  ke Rumah  Bapa

Setiap  tanggal  2  November, Gereja  Katolik   Mendoakan  secara  khusus  bagi  jiwa  Orang  beriman (  mereka  yang  sudah  berpulang  ke  haribaan  Ilahi )

Sebagaimana kisah  meninggalnya  bapakku  telah  kuceritakan sebelumnya  dan   dimuat  di  Kompasiana  dengan  judul  Bapakku Guruku, idolaku. Bapakku  meninggal  pada  5  Mei  2002. Ketika  Bapak  meninggal, Anggrek tanamannya  berbunga semua  seolah  mengiring  kepergiannya, sedangkan  Melati  adalah  bunga  kesayangan  ibuku, juga  mengharum  wangi.

15  bulan, tepatnya  tanggal  13  September 2003  saya  kehilangan  adikku  yang  no  4  karena  menderita  tumor,  prosesnya  terlalu  cepat  6  bulan  sakit  dia  terus  menghadap  Tuhan.  Adikku  ini  memang  yang  terkenal  paling  baik  hati,  tidak  pernah  marah  dan  sabar.  Dia  begitu  cepat  meninggalkan  kami  semua  dan  meninggalkan  putrinya  yang  baru  berusia  3 tahun kala  itu . 

Sewaktu  ibuku  ditinggal  bapak,  ibuku  bisa  menerima, karena  bapak  memang  sakit, tetapi  ketika  adikku  meninggal  ibu  begitu  schok,  sedih  sekali  sampai  tidak  mau  melihat  jenasah  adikku.  Akhirnya  ibu  tidak  tahan  untuk  tinggal  dirumahnya  sendiri, dia  minta  pindah  ke  Malang  ikut  adikku  yang  bungsu.

Beberapa  bulan  berlalu,   sampai  pada  saat  cuti  tahunan,  pada saat  liburan  bulan  Juli  saya  mengambil  cuti,  sekarang  saya  senang  pergi  ke  Malang  karena  ada  ibu, adik  dan  banyak  kemenakanku  yang  tinggal  dikota  ini.

Saya  sempat  pergi  ke  tempat  rekreasi  dan  bergembira  ria  bersama  ibu, adik  dan  para  keponakanku, karena  pada  liburan  itu  adikku  yang  tinggal  diluar  Jawa  juga  libur  di  Malang.

Masa  liburan  habis  6  hari  saya  tinggal  bersama  keluarga. Sewaktu  taxi  menjemputku,  dan  saya  telah  duduk  manis  didalam  taxi, entah  mengapa,  saya  tidak  kuat  menahan  hasratku,  saya  turun  lagi  dan  berulang  kali  menciumi  ibu, sepertinya  saya  tidak  rela  untuk  berpisah. 

Dua  bulan  kemudian, lagi-lagi  saya  mendapat  pertanda  dalam  mimpi,  bahwa  ibu  jariku  hilang  terpotong. Sewaktu  saya  cerita  pada  adikku via  tilpon dan  terdengar  oleh  ibu,  ibu  bilang  bahwa  mimpi  itu  hanya  bunga  tidur  saja  jangan  dipikirkan,  demikian  dia  menyuruh  adikku  untuk  memberitahukan  padaku.

Mimpi  itu  terjadi  1  minggu  sebelum  kepergian  ibundaku  menghadap  Bapa. Hari  itu  29  Agustu 2004, saya  mendapat  sms  dari  keponakanku :"  Bude  ada  dimana?  Mbah  Yi (  maksudnya  Ibuku)  mau  tilpon". "Saya  bilang  saya  ada  dikantor".  Benar  ibuku  tilpon,  tidak  seperti  biasanya   terjadi,  1  jam  lebih,  ibuku  menceritakan  kebahagiaannya  karena  dagangannya  laku  bahkan  banyak  yang  pesan  saat  buka  warung    dalam  rangka  peringatan  hari  kemerdekaan  RI di  RT/RW.

Antara  saya  dan  ibuku  terjadi  percakapan  asyik  dan  ibu  banyak  memberi  nasehat  dan  wejangan  padaku. Ibu  tidak  hanya  tilpon  padaku  sore  itu,  tapi  hingga  malam  menghubungi  adik-adikku  yang  ada  di  Bukittinggi,  Bengkulu, Blora  juga  dengan  nasihat  dan  wejangan  yang  sama. Bahkan  ibu  pesan  pada  menantunya  supaya  mengganti  lampu neon yang  ada di ruang  tamu  tengah,  siapa  tahu  nanti  akan  banyak  tamu, katanya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun