Pandemi  membuat  segalanya  berhenti, anak-anak  sekolah pun  harus  diam  di rumah. Banyak  orang  tua  berkeluh, bahwa  anak-anak  mengalami  kebosanan  karena  harus  diam  dirumah  jauh  dari  teman  sebaya  yang  biasanya  bermain, bercanda, berbagi  suka  duka  bersama.
Nah  kini  harus  mendekam  dirumah, membuat  tugas  sekolah  untuk  dilaporkan, mainan, makan, tidur, makan  lagi  dan  tidur  lagi, seperti  lagu  yang  pernah  dinyanyikan  Mbah  Surip he..he..he.
Memang  demikianlah  keadaannya. Orang  tua  menjadi  tidak  sabar untuk  mengajari  putra  putrinya, mungkin  mereka  tidak  menurut  seperti  ketika  bapak dan ibu  guru yang  mengajarkannya. Â
Bagi  orang  tua  yang  biasa  tidak  puas  dengan  para  guru, dan  selalu  complain  ini  itu,  kini  disadarkan  bagaimana  sulitnya  mendidik, mengajar  dan  mendampingi  anak.  Yah  kalau  anak  sediri  mungkin  cuma  dua  atau  satu  yang  harus  diperhatikan, dibimbing  dan  dituntun. Tapi  seorang  guru  mesti  mengahadapi  murid  minimal  20 anak  dalam  I  kelasnya.
Saya  berasal  dari  keluarga  guru, kami  berenam  semuanyaa  guru lengkap  dari  guru TK sampai  Universitaas. Bapakku  seorang  guru  dan  Kepala  Sekolah  SD. Bahkan  saya  telah  berkecipung  di  dunia Â
Pendidikan  lebih  35  tahun.  Apa  yang  menjadi  keluhan, curhatan  dari  teman  kenalan  yang  harus  mengambil  alih  tugas  guru  dirumah,  hanya  kudengarkan dan  kuberi  nasihat, kuajak  wawan  hati  supaya  bisa  mengatasi  situasi  yang  terjadi disaat  pandemi  ini.
Bagimanapun  tatap  muka  dalam  pedidikan  itu  dibutuhkan  dan  lebih  sreg, karena  kalau  ada  kesulitan atau apa  saja bisa  konsultasi  langsung  dengan  Bapak  Ibu  guru, aspek  social  dan  psikologis  antara  anak  dan  guru  bisa saling  terjalin, terbentuk.Â
Saya  masih  ingat sewaktu  saya  sebagai  Kepala  SD, ada  seorang  anak  yang  sejak  kelas 1  SD  dia  tidak  mau  bicara  sama  sekali, anak  itu  pintar  tapi ya  satu  itu  kelemahannya , dirayu  apapun  dia  tetap  kunci  mulut  tidak  mau  bicara, kalau  dirumah  dia  mau  berbicara  lancar. Segala  usaha  sudah  dilakukan oleh  orang  tua, kerabat  dan  para  guru  namun  hasilnya  nihil.Â
Telusur  punya  telusur  ternyata, dia  kehilangan  gurunya (meninggal) sewaktu dia di  TK guru  itu  biasa  akrab, bercerita, menyapa dan  menjadi  guru  favoritenya yang  dicintainya. Â
Hal  ini  terbongkar  sewaktu  dia  Lulus  SD, dimana  tumbuh  KESADARAN  bahwa  dia  harus  terus  sekolah, dan  tentu  dunianya  juga  lain masuk  SMP, dia  sendiri  tumbuh  sebagai  remaja.