KOMPASIANA, NGAWI - Mahasiswa KKN-T Kelompok 7 Universitas PGRI Madiun melakukan kegiatan Sosialisasi dan Pendampingan Ide Bisnis dan Branding pada UMKM Dusun Cungbelut. Program KKN-T ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dengan memberikan sosialisasi tentang ide bisnis dan penguatan UMKM serta pelatihan secara langsung dalam merelisasikan ide bisnis yang potensial melalui manajemen usaha dan strategi pemasaran pada pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Desa Semen Dusun Cungbelut Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi.Â
Kegiatan dimulai dengan memberikan pemahaman mendalam tentang konsep bisnis, pemasaran, dan manajemen operasional kepada para pelaku UMKM. Â Materi ide bisnis tersebut disampaikan oleh mahasiswa KKN-T yang berkompeten dalam bidangnya. Selain itu, dilakukan juga sesi diskusi dan tanya jawab untuk memfasilitasi pertukaran pengalaman dan pengetahuan antara peserta.
Setelah dilakukan sosialisasi penguatan UMKM, pendekatan interaktif dipilih untuk memastikan pemahaman yang maksimal. Para warga selaku peserta diajak untuk mengembangkan ide bisnis potensial berdasarkan kebutuhan pasar lokal dan mengenali peluang-peluang baru. Selain itu, diselenggarakan praktek pembuatan produk gethuk lumer dan teh tarik sebagai contoh ide bisnis untuk membimbing pelaku UMKM dalam merumuskan rencana bisnis yang sesuai. "Melalui kegiatan ini, diharapkan kami selaku pemilik usaha di dusun ini dapat mengoptimalkan potensi usaha sekitar dan memperluas jaringan bisnis di lingkungan kita". Ujar Ibu Ari selaku peserta
Dengan adanya program KKN-T ini harapannya dapat menciptakan manajemen usaha dan strategi pemasaran yang baik, sehingga mampu meningkatkan pengetahuan dan pendapatan masyarakat UMKM di Dusun Cungbelut Desa Semen Kecamatan Paron.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H