Mohon tunggu...
Monika Ame
Monika Ame Mohon Tunggu... Desainer - Mahasiswa

Berusaha yang terbaik

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Permainan Konten Akun Instagram Wardah

5 Mei 2019   16:50 Diperbarui: 7 Mei 2019   13:21 515
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Indonesia memiliki brand kosmetik yang terus bertambah jumlahnya, Wardah pun terus berusaha menarik konsumennya terutama melalui media Instagramnya agar tidak kalah dengan brand lain.

Sayangnya, pemanfaatan akun Instagram Wardah masih belum maksimal. Berikut adalah lima kelebihan dan kekurangan yang dapat ditemukan dari Instagram Wardah.

1. Mengutamakan konten daripada ajakan

Wardah memiliki feeds instagram yang sangat rapi dengan adanya penyeragaman tema/template postingan dalam satu baris.

Tiap produk pun memiliki warna khasnya sendiri dan hashtag yang berbeda-beda, sehingga konsumen dapat menemukan jenis produk yang dicarinya dengan mudah.

Meskipun terkadang Wardah menggunakan kutipan kata mutiara untuk melengkapi feeds sebarisnya.

Feeds Wardah
Feeds Wardah

Sayangnya, Wardah sendiri tidak pernah benar-benar menunjukkan iklan produk yang mengajak konsumen untuk membeli produknya, melainkan hanya mengenalkan dan menunjukkan manfaat dari produk tersebut.

Hal ini dapat  dilihat dari caption postingan Wardah yang berfokus pada deskripsi produk.

Caption Wardah fokus deskripsikan produk
Caption Wardah fokus deskripsikan produk

2. Melibatkan Konsumen

Tidak hanya mengandalkan iklan semata, Wardah juga berusaha untuk mengajak para konsumennya terlibat dalam suatu rangkaian kegiatan.

Hal ini dilakukan agar nama Wardah bisa ikut terangkat sekaligus terjalin hubungan yang lebih dalam dengan konsumen dan loyalitas semakin terbangun

Salah satu kegiatan yang pernah dilakukan Wardah adalah Wardah Days "An Inspiring Beauty Discovery", mulai dari Beauty Talkshow, Beauty Class, Fashion Show dan Music Performance.

Rangkaian Wardah Days
Rangkaian Wardah Days

Tidak hanya itu, Wardah juga sering mengadakan event foto bersama produk Wardah yang berhadiahkan jalan-jalan ke luar negeri. Sayangnya, Wardah jarang menanggapi komentar dari konsumennya.


3. Website dan Youtube

Wardah sadar bahwa konsumennya tidak hanya memantaunya melalui Instagram. Mengingat juga konsumen warga memiliki ragam usia dari remaja hingga dewasa.

Maka Wardah menggunakan media lain seperti website dan akun youtubenya untuk memberikan informasi seputar produk maupun acara Wardah.

Akun Youtube Wardah
Akun Youtube Wardah

4. Memahami konsumen

Konsumen tentu akan mengalami perubahan seiring dengan waktu. Wardah melihat adanya naik turun minat konsumennya. Maka Wardah melihat trend yang sedang banyak diikuti oleh konsumennya.

Seperti saat produk aloe vera menjadi populer, Wardah langsung mengeluarkan produk aloe veranya seperti pelembab, serum, dan sabun cuci muka.

Tidak hanya itu, Wardah yang digandrungi oleh banyak konsumen muslim karena kehalalannya ini juga mengeluarkan produk khusus untuk konsumennya yang hendak naik haji.

Produk tersebut dinamakan #WardahHajiUmrohSeries yang diformulasikan sesuai dengan iklim di Arab Saudi.

Seri Haji Umroh Wardah
Seri Haji Umroh Wardah

5. Tidak bermain story telling

Foto maupun video yang diunggah oleh Wardah tidak memiliki garis cerita yang kuat. Wardah hanya berfokus untuk mengiklankan produknya. Hal ini menyebabkan penonton akan merasa tidak tertarik dan melewatkan iklan tersebut.

Apalagi jika iklan tersebut tayang di hadapan orang yang belum mengenali Wardah.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun