Mohon tunggu...
Monika Sari
Monika Sari Mohon Tunggu... Guru - Tenaga Pendidik

saya senang dengan konten berita yang berbau pendidikan dan olahraga

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengaruh Berpikir Kreatif dan Keaktifan Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematikamenin

13 Juli 2022   21:53 Diperbarui: 13 Juli 2022   21:59 109
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendidikan memiliki peranan penting untuk meningkatkan pembangunan masyarakat. Peningkatan ini paling utama terletak pada kemampuan sumber daya manusia. Hal ini dikarenakan kemajuan suatu daerah di Indonesia dapat berkembang dengan baik apabila terdapat pembangunan masyarakat yang memperhatikan proses pendidikan yang siap menghadapi era globalisasi. Perkembangan ilmu di segala bidang menghasilkan sumber daya manusia yang siap bersaing untuk memperoleh kualitas yang lebih baik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan sumber daya manusia yang siap bersaing yaitu melalui pendidikan. Upaya sadar dalam pendidikan salah satunya mewujudkan peserta didik yang terampil sesuai kemampuan yang diperoleh dengan bantuan interaksi pembelajaran. Salah satu lembaga yang mengelola penyelenggaraan aktivitas pendidikan secara formal merupakan sekolah, dari sinilah anak memperoleh interaksi pembelajaran. 

Dalam kegiatan belajar mengajar banyak mata pelajaran yang diajarkan salah satunya adalah matematika. Matematika adalah ilmu pasti yang menuntut pemahaman dan ketekunan berlatih. Matematika menduduki peranan penting dalam pendidikan dan diajarkan pada semua jenjang pendidikan. Mulai dari SD, SMP, SMA, bahkan sampai ke Perguruan Tinggi. Untuk mempelajari matematika, pemahaman konsep merupakan hal yang sangat penting yang harus dimiliki oleh siswa. Jika siswa menerima konsep dasar yang salah, maka akan sulit untuk memperbaiki pemahaman-pemahaman siswa yang dibangun di atas konsep tersebut. Padahal pemahaman konsep memudahkan siswa untuk menyelesaikan masalah. Kemampuan pemahaman konsep yang baik pada diri siswa akan menunjang kemampuan pemecahan yang baik pula.

Dalam matematika, pembuktian dilakukan secara terstruktur dan logis. Oleh karena itu, matematika dapat memancing dan meningkatkan kemampuan berpikir. Hal tersebut menunjukkan bahwa dalam mempelajari matematika terdapat beberapa kemampuan yang perlu dilatih dan dikembangkan dalam diri peserta didik agar mendapatkan pemahaman matematika yang lebih baik diantaranya yaitu kemampuan pemecahan masalah matematika. Kemampuan pemecahan masalah matematika adalah proses yang dilakukan individu dalam menyelesaikan masalah pada situasi yang belum dikenalnya dengan menggunakan pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman yang telah diperoleh sebelumnya. 

Polya menguraikan langkah-langkah pemecahan masalah melalui beberapa pertanyaan yaitu: Memahami masalah, Membuat rencana pemecahan, Menjalankan rencana pemecahan dan Memeriksa hasil pemecahan masalah. ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah yaitu berpikir kreatif dan keaktifan belajar. 

  • Siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif akan menemukan banyak cara dalam memecahkan solusi bagi permasalahan yang dihadapi. Hal ini menjelaskan bahwa tanpa kemampuan berpikir kreatif siswa akan sulit dalam mengembangkan kemampuan pemecahan masalah karena kurang mampu melihat berbagai alternatif solusi permasalahan. sehingga berpikir kreatif mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematika.
  • Keaktifan belajar juga diperlukan siswa dalam pemecahan masalah matematika, karena dasar yang penting dalam keberhasilan pembelajaran. Oleh karena itu, untuk mengoptimalkan penggunaan semua potensi yang dimiliki oleh siswa diperlulan keaktifan belajar agar dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Khususnya pada mata pelajaran matematika diharapkan semua peserta didik dapat mencapai hasil belajar yang memuaskan. sehingga keaktifan belajar mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematika.

Pemecahan masalah akan meningkat apabila berpikir kreatif dan keaktifan belajar mempengaruhi. oleh karena itu terdapat pengaruh antara berpikir kreatif dan keaktifan belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun