Mohon tunggu...
monic silvanasilimawo
monic silvanasilimawo Mohon Tunggu... Atlet - tugas

mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Public Relations

25 November 2019   19:00 Diperbarui: 25 November 2019   19:43 62
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Public Relations  (PR) atau yang biasa dikenal dengan Hubungan Masyarakat adalah praktik mengelola atau mengatur strategi dan taktik penyebaran informasi antara individu atau organisasi (seperti bisnis, lembaga pemerintah, organisasi, dan perusahaan) dan publik. PR adalah Bisnis Persuasi. Mencoba meyakinkan publik di luar lingkungan pengaruh yang biasa, untuk mempromosikan ide, membeli produk, mendukung posisi, atau mengenali pencapaian suatu perusahaan atau organisasi. Dapat disimpulakan bahwa Hubungan masyarakat adalah proses komunikasi yang strategis untuk membangun hubungan yang saling menguntungkan antara organisasi dan publik.

Sangat sedikit orang yang dapat menjelaskan apa yang sebenarnya dilakukan oleh seorang praktisi  PR. Seorang praktisi PR ibarat pendongeng. Menciptakan narasi untuk memajukan agenda mereka. PR dapat digunakan untuk melindungi, meningkatkan atau membangun reputasi melalui berbagai media seperti, media sosial, media massa atau komunikasi yang secara langsung. Praktisi PR yang baik akan menganalisis organisasi, menemukan pesan-pesan positif dan menerjemahkan pesan-pesan itu menjadi cerita-cerita positif. Ketika berita buruk, mereka dapat merumuskan respons terbaik dan mengurangi opini negatif publik.

The Princeton Review mencatat bahwa: "Seorang spesialis PR adalah pembentuk reputasi. Pekerjaannya adalah untuk menghasilkan publisitas positif untuk klien dan meningkatkan reputasi. Mereka juga membantu publik mendapat informasi tentang kegiatan lembaga pemerintah, menjelaskan kebijakan, dan mengelola kampanye politik. Seorang praktisi PR yang bekerja untuk suatu perusahaan dapat menangani hubungan dengan konsumen, atau hubungan antara bagian-bagian perusahaan seperti manajer dan karyawan, atau kantor cabang yang berbeda.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peran PR dalam manejemen organisasi maupun perusahaan sangat penting dalam menghadapi berbagai isu yang ada untuk membangun relasi dan opini positif dari publik

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun