Mohon tunggu...
Mona Regina
Mona Regina Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Unpar

Seorang mahasiswi dari Universitas Katolik Parahyangan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Rencana Karya dengan Tema "Keberagaman"

8 September 2022   20:28 Diperbarui: 8 September 2022   21:20 249
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6141079/gambar-peta-indonesia-lengkap-bersimbol-warna-dan-nama-provinsi

Dalam acara SIAP (Inisiasi dan Adaptasi) yang dilakukan oleh Unpar, para mahasiswa kembali menuliskan sebuah tulisan berupa output karya (rencana karya) dengan tema yang digusung mengenai "keberagaman". Disini mahasiswa-mahasiswi diminta untuk menjabarkan karya yang ingin dibuat, refrensi karya (darimana asal inspirasi karya tersebut), tema karya yang ingin dipakai, dan yang terakhir merupakan sedikit penjelasan dari latar belakang tema. 

1. Output karya yang ingin saya buat adalah sebuah tulisan.

2. Refrensi karya saya berasal dari peta pulau Indonesia, sebab menurut saya, orang Indonesia itu beragam. Apalagi jika saya melihat petanya, saya akan menemukan berbagai jenis suku, ras, budaya, juga etnik yang belum pernah saya lihat sebelumnya. Melihat petanya saja saya sudah merasa takjub akan keberagamannya, apalagi jika saya sudah melihat secara langsung.

3. Tema karya yang saya akan buat adalah perdamaian dalam keberagaman.

4. Latar belakang dari tema yang ingin saya buat adalah karena cukup sulit untuk membuat sejumlah suku, agama, dan ras bisa mendapatkan kedamaian di tengah keragaman yang di miliki oleh Indonesia. Namun bukan berarti hal tersebut tidak mungkin untuk dilakukan. Butuh pemahaman, dan rasa toleransi yang tinggi untuk mewujudkannya. Sebab jika nilai-nilai tersebut masih belum bisa ditanamkan sepenuhnya, maka suatu perdamaian belum bisa dibentuk. Oleh karena itu, saya ingin membuat sebuah tulisan mengenai perdamaian dalam keberagaman yang nantinya diharapkan bisa membuka suatu jalan menuju keberagaman yang begitu indahnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun