Media massa merupakan sesuatu yang dapat menarik perhatian masyarakat secara masive.Pada faktanya iklan sangat berpengaruh dalam bidang promosi di media massa. Dalam dunia kesehatan memasuiki dunia media sangatlah penting dalam memperkenalkan pola hidup sehat dan lain sejenisnya. Contohnya pada majalah kesehatan memiliki banyak tulisan atau iklan yang membahas tentang dunia kesehatan. Tercata di Amerika Serikat sendiri terdapat 169 judul dalam tahun 1988 dan 494 judul pada tahun 1998.
Media massa populer sendiri sangat mengambil peran besar dalam membuat keterkaitan media dan kesehatan. Terutama metodologi pencegahan dan penyembuhan suatu penyakit. Asumsi ini menimbulkan setidaknya beberapa pengaruh kognitif, afektif, dan perilaku yang berubah tentang apa yang dikatakan pada media populer tersebut.Â
Pendekatan teka-teki pengaruh media massa dengan melhat pada pesan ketimbang pada individu merela sendiri. Meskipun ada banyak metode tertentu yang dapat dibawa untuk menanggung pada teks media, sebagaian besar penelitian mengadopsi baik pendekatan konten, analitik ataupun interpretatf.
 Analisis kandungan merupakan makna simbolis yang di mana membuat seseorang individu berkesimpulan tentang suatu fenomena menarik. Secara khusus tujuan ini untuk mengidentifikasi kategori tematik dan menggeneralisasikan bagaimana mencerminkan suatu wacana.Â
Kritik dilemparkan pada medua yang mana media mempromosika produk dan perilaku yang dapat merusak kesehatan, seperti rokok, obat-obatan yang tentunya merusak tubuh, dan barang kesehatan lainnya. Analisis media populer kesehatan secara konsisten telah menemukan bahwa nilai informasi pesan kesehatan sering serius dikompromikan oleh ketidaktepatan, misrepresentasi, dan kelalaian, serta peran tidak pantas pemodelan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H