Mohon tunggu...
Ardi Atma
Ardi Atma Mohon Tunggu... karyawan swasta -

Putra Kelahiran Pangkal Pinang (numpang lahir doang) yang mulai kecil hingga menyelesaikan studi S1 di kota yogyakarta, sehingga sangat kental darah jawa dari pada darah sumatranya. Hidup di Jakarta selepas tamat dari S1 dan mulai mencari celah untuk bisa menaklukan kota Jakarta.

Selanjutnya

Tutup

Money

Analisa Pasar Menentukan Tingkat Penjualan Suatu Produk

4 Mei 2012   07:49 Diperbarui: 25 Juni 2015   05:44 3789
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Ada banyak sekali faktor yang menentukan tingkat kesuksesan suatu bisnis. Seorang pebisnis harus pandai dalam memahami kondisi pasar dan mencari peluang yang ada. Setiap keuntungan yang dihasilkan dari suatu bisnis ditentukan oleh keahlian pengusaha untuk mengelola dan memanfaatkan peluang menjadi profit. Jika seseorang berbinis, dia menawarkan suatu produk atau jasa keuangan kepada konsumen. Namun, faktor paling penting dalam bisnis bukanlah produk itu sendiri. Produk tidak akan menarik minat konsumen jika tidak dikelola dalam suatu sistem yang benar-benar teruji. Sistem bisnis yang benar-benar bagus tidak mudah dibuat. Untuk menguji seberapa besar peluang yang ada dalam pasar, pebisnis harus melakukan analisa pasar sebelum menawarkan suatu produk atau jasa kepada konsumen. Jika produk tidak diminati konsumen, kerugian sudah pasti terjadi. Ada beberapa faktor yang perlu dianalisa untuk menentukan besarnya peluang keberhasilan suatu bisnis. Faktor pertama adalah ukuran pasar. Anda perlu melakukan analisa pasar untuk mengetahui berapa besar kemampuan pasar untuk menerima atau membeli produk Anda. Untuk mempermudah analisa ini, Anda bisa melihat data penjualan untuk produk atau jasa yang ingin Anda tawarkan. Cara efektif lainnya adalah survey, tetapi Anda harus mengumpulkan data dari banyak calon konsumen terlebih dahulu. Faktor kedua adalah potensi keuntungan. Daya beli pasar tidak hanya dimiliki satu pihak saja. Banyak orang menawarkan produk atau jasa yang sama di pasar tertentu. Kompetisi adalah hal pasti dalam bisnis. Keuntungan yang Anda peroleh ditentukan oleh tingkat penjualan Anda. Namun, penjualan bisa tidak menguntungkan jika peluang diambil oleh kompetitor. Faktor terakhir adalah metode yang Anda perlukan untuk memenangkan persaingan. Untuk menjadi pemenang dalam bisnis, Anda harus menawarkan nilai tambah kepada konsumen. Nilai tambah membuat produk Anda berbeda dan lebih bermakna bagi konsumen. Nilai tambah jauh lebih bernilai daripada harga murah. Bisnis tidak selalu berjalan mulus karena ada banyak sekali masalah yang harus dihadapi setiap pebisnis. Analisa komprehensif dan akurat bisa membantu pebisnis untuk memenangkan persaingan bisnis dan mendapatkan keuntungan besar dari setiap produk atau jasa keuangan yang mereka tawarkan

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun