Jakarta - Ternyata pekerjaan apapun di tempat kerja sangat rentan membuat kita stres, dan bisa saja semakin hari semakin lebih tambah buruk jika kita tidak segera menanganinya. Beberapa orang memang ada yang sengaja bersikap profesional dengan tidak memperbanyak  pertemanan di kantor.
Namun, sebuah studi menyebutkan, memiliki banyak teman di kantor justru bisa lebih membantu kita untuk mencegah timbulnya stres akibat perkerjaan yang menumpuk.
Tidak hanya mencegah stres, sebuah studi baru-baru ini juga menyebutkan bahwa memiliki banyakk teman  di kantor bisa meningkatkan produktivitas seorang karyawan. Dilakukan oleh sekelompok peneliti yang di pimpin oleh Jessica Methot dari Rutgers University,  peneliti tersebut ingin memahami bagaimana relasi antara pegawai berdampak kepada performa kerja seorang karyawan.
Namun, hasil yang di temukan beranekaragam, manfaat dari memiliki teman di kantor > Salah satunya yang paling berdampak adalah selalu ada orang yang bisa kamu tanyai soal pekerjaan tanpa takut dihakimi.
Dan para peneliti juga menyebutkan bahwa memiliki lebih banyak teman membuat mood menjadi sering lebih baik dan mendapatkan akses lebih akan informa internal karena jejaring informal mereka.
Namun para peneliti mencatat, efek negatifnya masih lebih kecil di bandingkan efek positifnya. Mereka juka melakukan studi lanjutan pada beberapa perusahaan dengan industri berbeda dan menghasilkan kesimpulan yang sama juga. Memiliki teman yang banyak di tempat kerja mungkin bisa melelahkan kita secara emosional, namun secara keseluruhan, dapat membantu untuk meningkatkan produktivitas kita.
Akan tetapi, jika kita menjalin sebuah perteman dengan banyak karyawan di kantor ada baiknya bertemanlah dengan penuh rasa tulus, karena dari sebuah pertemanan yang baik bisa membuat sebuah keluarga yang baik pula.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H