Mohon tunggu...
As Maulana
As Maulana Mohon Tunggu... -

dreamer II easy II funny II molanlan.blogspot.com II

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Joker atau Jonas

27 Februari 2013   04:48 Diperbarui: 24 Juni 2015   17:37 114
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Sabtu malam adalah waktu yang sangat dinanti-nantikan banyak orang. Entah buat jalan bareng pacar, makan malem bareng pacar, nonton bareng pacar, ngupil bareng pacar, ya apapun itulah pokoknya ritual bareng pacar. Gue juga menanti-nantikan datangnya Sabtu malam, tapi dengan alasan yang berbeda. Buat gue, Sabtu malam itu momen penting buat meraup omset setinggi-tingginya. Gue pasti sibuk ngurus kedai roti bakar punya gue yang selalu rame tiap malem.


Mungkin akan terbesit pertanyaan, “Emang lo ngga ada schedule pacaran sama cewe lo?”
Nah ini bagian yang paling males gue jawabnya. Gue NGGA PUNYA CEWE alias SINGLE alias JOMBLO! Terus gue mau Sabtu maleman sama siapaaaa?


Oke, pasti pada nanya kenapa dari tadi gue ngga pake istilah ‘malam minggu’? Sensitip gue sama dua kata itu. Ngga perlu gue jelasin deh. Pikir aja sendiri sana. *ini gue udah jomblo, galak pulak*


So, malam ini seperti biasa gue jaga lilin…. Ya ngga lah. Gue jaga kedai buat ngawasin anak buah gue. Partner bisnis gue yang juga pemilik kedai ini, si Ario, udah punya acara sendiri kalo setiap Sabtu malem. Yaaa.. apalagi kalo bukan pacaran.


Kalo lagi Sabtu malem gini, gue jadi kepikiran sama nasib rekan-rekan gue sesama jomblo. Kasian mereka kalo lagi pengen jalan-jalan ke mall atau restoran, pemandangan yang terlihat pasti orang yang lagi pacaran semua. Gue dapet ide pengen bikin kedai ini dengan konsep berperikejombloan. Jadi di depan pintu masuk kedai ini bakal tertulis “Selain jomblo, dilarang masuk.”


Terus gue mau bikin program diskon untuk makanan. Besarnya diskon tergantung dari seberapa lama si pengunjung itu jomblo. Misal, dia jomblo selama 10 bulan. Oke, dapet diskon 10%. Jomblo 3 tahun alias 36 bulan? Sip! Ngga masalaaaah.. Diskon yang diperoleh akan semaaakin besaaar.. Ngga hanya itu, pemirsa! Buat jomblo-jomblo yang butuh-tatih-tayang-dan-pelhatian, gue bakal bikinin program undian berhadiah SMS berlangganan selama satu minggu! Jadi, buat si pemenang undian, setiap hari nomer hapenya bakal dikirimin sms berupa kalimat-kalimat “kamu lagi apa?” atau “kamu lagi di mana?” atau “kamu udah makan belum?” atau “kamu udah pulang? heart-heart on the way yaa..”


Nah itu dia beberapa program yang pengen gue terapin di kedai ini. Asik kan jadi jomblo? Asik kaaan? Yang ngga jomblo ngiri tuuuuh.. *semacam lagi manas-manasin yang ngga jomblo. tapi kayanya ngga ngaruh.*


Sayangnya, konsep kedai “Yang Jomblo, Yang Berjaya” ini sepertinya ngga bakal kepake. Si Ario, partner bisnis gue itu, pasti ngga akan setuju secara dia bukan jomblo. Pupuslah harapan gue menjadi bagian dari Front Pembela Jomblo.. *tertunduk lesu*


Jam menunjukkan pukul 8 malem. Kedai gue lagi rame-ramenya. Padahal pas sore tadi ujan deres. Terus udah reda sebentar dan sekarang gerimis lagi. Emang bener-bener ya. Cuaca akhir-akhir ini suka ngga menentu, kaya suasana hati gue gitu.


Sejujurnya, gue seneng banget kedai gue rame. Tapi yang bikin gue ngga rela, yaa yang di depan mata gue ini niiiih.. Sejauh mata memandang, kursi dan meja diisi sama para lelaki dengan tulang rusuknya masing-masing. Nyess.. Pemandangan yang menyesakkan..
Gue memalingkan pandangan ke arah lain biar ngga kelamaan mupeng. Mata gue tertuju ke sendok yang ada di meja depan gue. Sendok aja punya pasangan ya, pikir gue sambil melirik ke garpu. Ah.. Kupreeeettt! Masa ngeliat sendok garpu aja gue jadi galau! Haahh! Absurd banget Sabtu malem gue!


Gue cari objek lain buat gue liatin. Cewe cakep mana cewe cakeeeep.. Cewe yang lagi sendirian mana sinih manaaa.. Bola mata gue muter-muter liatin seisi kedai. Nihil. Satu-satunya cewe yang lagi sendirian cuma si Marni, anak buah di kedai gue. Tapi masa iya gue ngegebet dia? Sebagai waitress, si Marni bukannya ngga cantik. Cantik banget malah kalo dibandingin sama Mpok Nori. Persoalannya, kinerja otaknya itu loh, mirip sama modem tiris sinyal. Susaaah bener connect-nya! Sekalinya connect, malah lemot. Mungkin suatu saat nanti dia bisa masuk daftar ‘cewe terlemot versi on the spot’.


“Ngelamun aja, Mas. Lagi ada masalah ya? Ada yang bisa saya bantu?” kata Marni dengan muka polos. Gue sama semua anak buah gue biasanya ngomong pake ‘gue-elo’. Becanda-becanda juga sering. Cuma si Marni aja nih yang cara ngomongnya masih rada kaku kaya sikat semir sepatu.


“Ada. Bantu gue move on.” gue asal jawab.
“Mufon? Apa tuh, Mas?” Marni melongo.
Move on ituuu.. Nyangkul di sawah!” jawaban gue makin asal.
“Ooo.. Mas punya lahan sawah ya?”
“Iya aja dah.”
“Bapak saya di kampung juga ngurus sawah loh, Mas.”
“Oh.. Bokap lo petani, Mar?”
“Iya, Mas. Kok tau?”
“Karena kau telah membajak hatiku.”
“……”


“Yaiyalah gue tau, Mar. Kan tadi lo sendiri yang bilang bokap lo ngurus sawah. Gimana deh..” kata gue buru-buru menjelaskan, sebelum si Marni ngira gue beneran niat ngegombalin dia.
“Oh iya tadi saya ngomong gitu ya.”


“Iyee.. Udah ah, lo kerja lagi gih. Eh iya sekalian bilang Didit, bikinin gue es teh manis anget ngga pake gula ya.”


“Es teh manis anget ngga pake gula. Oke, Mas.” kata Marni sambil nyatet pesenan gue, terus jalan ke arah dapur.


Tuh liat, oneng kan dia? Pesenan gue ngaco begitu masih aja dicatet juga. Kalo anak buah gue yang modelnya begini nambah satu orang lagi, kayanya gue bakal mati muda deh.


Gue intip hape sesekali. Sepi. Ngga ada BBM, sms, apalagi telpon. Gue buka twitter, ngga ada mention atau DM. Hufft.. Gue geletakin lagi hape di meja.


“Tring!” hape gue bunyi, tanda sms masuk. Gue girang dengernya. Tangan gue dengan cepet meraih hape, secepat copet yang lagi nyopet di bis.
“Masa aktif paket BB Anda akan habis tanggal bla bla bla.”
Tragis. Sekalinya ada sms, malah dari operator. Gue gigit hape.
“Mas, ini tehnya. Mas tadi kayanya salah ngomong deh. Masa pesen es teh manis anget ngga pake gula? Mana ada, Mas. Ini tapi saya bawain 2 gelas sekalian, es teh manis sama teh anget tawar. Mungkin Mas mau minum dua-duanya.” si Marni dateng-dateng udah nyerocos panjang lebar.
Ada saatnya dalam hidup, di mana lo males kasih comment apapun sama perkataan orang. Ya kaya sekarang ini. Dalam hati gue hanya berkata “Au ah. Apa kata lo deh, Mar..”
“Oh iya, Mas. Tadi saya dikasih tau Didit artinya ‘Mufon’ apaan. Jadi ceritanya sekarang Mas lagi galau ya? Cie ciee..”
“Yeee.. Seneng bener, baru juga tau begitu doang.” gue sewot.
“Hehe.. Mas?”
“Apa lagi?”
“Maaf nih, Mas. Menurut saya, percuma aja Mas selama ini kuliah di jurusan Hukum, kalo ngga bisa membebaskan hati sendiri dari penjara masa lalu.” kata Marni, cengar-cengir.
Ehhh.. Kupretttt! Si Marni minta di-sliding-tackle juga nih! Dia udah mulai jago ngeledek gue! Marni cengengesan ngeliat gue gondok. Terkadang nahan emosi itu lebih susah daripada nahan kentut. Jadi sebelum dia nyerocos lagi dan gue kebawa emosi, gue suruh aja dia layanin para pengunjung.
Terus terang, akar permasalahan gue jomblo bukannya karena ngga laku, bukan juga karena gue homo. Sumpah, bukan. Gue cuma rada trauma sama cinta. Gue trauma mengorbankan segala hal demi cinta, tapi ujung-ujungnya malah gue yang jadi korban cinta.. Njiiir.. gue mulai ngomongin cinta-cintaan.
Jadi gini awal mulanya. Alkisah, waktu itu gue pernah jatuh cinta sama seorang cewe di kampus gue. Nama cewe yang beruntung tersebut adalah Farah. Dia itu farah bener deh cantiknya (itu parah, bro. parah!) Maklum, dia ada keturunan farah bangsawan (itu darah kali, brooo! daaaraaah!) Yaelah santai aja, ngga usah farah-farah juga kaleee.. (itu marah, woy. MARAAAH!).
Oke fokus, fokus. Intinya selain cantik, dia juga orangnya asik. Itu udah cukup bikin gue jadi tertarik sama dia. Makin lama perasaan gue ke dia semakin dalem, sedalem sumur tetangga. Singkat cerita, dengan segala modus katro yang gue buat, akhirnya gue bisa juga deket sama dia. Ke mana pun dia pergi, hampir setiap saat gue ada di sampingnya. Dia lagi pengen shopping, gue dampingin. Dia lagi pengen beli buku, gue temenin. Dia lagi pengen nyalon, gue anterin juga. Agak nyaru, ini gue lagi PDKT, apa latian jadi supirnya ya? Pokoknya kapan pun dia butuh gue, gue selalu ada untuk dia.
Semuanya berjalan baik-baik saja, sampai suatu hari...
“Far, besok nonton yok. Lagi ada film bagus nih di bioskop.” kata gue, lewat telfon.
“Mm.. Sori gue ngga bisa, Di. Besok gue mau pergi sama cowo gue.”
“Oh lo mau pergi sa.. eh, SAMA SIAPA?”
“Cowo gue.”
JEDERRR!! Dua kata itu menghujam jantung gue. Gue berharap gue yang salah denger. Mungkin gue lagi rada bolot atau hape gue yang salah menyampaikan pesan ke kuping gue. Tapi harapan gue semakin pupus, pas dia ngomong lagi.
“Sori, Di. Gue belum cerita ya. Kemaren gue udah balikan lagi sama mantan gue.”
IYAK! GUE PATAH HATI! HATI GUE PATAH!! PATAH HATI GUE! Pait, bro, paiittt! Tiba-tiba gue ngerasa sesek napas, padahal gue ngga punya riwayat sakit asma. Rasanya kaya ada batu bata segede gaban yang nimpa dada gue. Kesedot semua energi gue gara-gara denger berita duka ini. Gue mencoba untuk stay cool. Gue akhiri pembicaraan di telpon dengan ucapan selamat, turut bahagia, semoga awet, dan bla-bla-bla-bla. Abis tutup telpon, gue diem. Cengo. Sendirian.
Miris rasanya. Ketika gue nangis di pojokan, dia ketawa bahagia sama cowonya. Gue berlari, dia terdiam. Gue menangis, dia tersenyum. Gue berduka, dia bahagia. Gue pergi, dia kembali. Gue mencoba tuk meraih mimpi, dia coba tuk hentikan mimpi. Memang kita tak kan menyatu lah pokoknya! *ngerusak lirik lagu orang* *salim sama Cakra Khan*
Sejak saat itu gue mulai jaga jarak sama Farah. Eh dari tadi kerjaan gue jaga mulu ya. Ya jaga kedai lah, jaga jarak, jaga lilin, jaga perasaan, tapi yang paling penting, gue harus jaga iman, ya kan? Aih sedaaap.. Lanjut. Jujur aja waktu itu gue ngerasa kehilangan dia. Tapi setelah dipikir-pikir, kenapa juga gue bisa ngerasa kehilangan, lah wong memiliki aja belum. Terus kadang gue juga pengen minta balikan dan bisa deket lagi sama dia. Tapi lagi-lagi gue ngeh, jadian aja belum, udah mau minta balikan. Gue jadi bego nih lama-lama.
Seiring berjalannya waktu, badai di hati gue itu mulai berlalu. Tapi kadang masih berasa juga kalo lagi inget dia. Rasanya tuh kaya lo punya luka di kaki lo, terus lo tetesin cuka di atasnya. PERIH, BROOOO!! Ah.. Kutu! Kenapa gue jadi mellow gini. Najong. Udah ah, ngga mau dirasa-rasain perihnya.
Gue lagi bengong-bengongnya gini, tiba-tiba si Ario nongol di kedai.
“Wih.. Tumben ke sini, Yo? Kok sendirian? Ngga sama Della?” tanya gue.
“Putus.”
“Hah? Putus? Ciyus? Noodle what?”
“Serius gueee! Tadi gue abis diputusin.”
Wah! Hampiiir aja mulut gue keceplosan bilang. “Syukurlah. Selamat, Yo! Akhirnya lo bergabung dalam klub jomblo!” Tapi ucapan itu gue urungkan.
Gue pasang muka prihatin. Bingung mau ngomong apa. Mukanya Ario udah ngga sedep buat dipandang.
“Nyesek ya, Yo?” tanya gue.
Hening tiga detik.
“Ngga kok, bro. Gue bahagia lahir batin.”
“Ooh..”
“YA MENURUT NGANAAA?! Emang ada orang yang lagi patah hati, ngga ngerasa nyesek terus langsung nari-nari balet kegirangan gitu?” Ario mulai sewot.
Gue mikir lama. Bener juga ya kata Ario. Gue mulai ketularan oneng kaya si Marni nih. Ini pasti akibat gue ngobrol sama dia tadi.
Kalo diinget-inget si Ario dan Della tuh emang doyan banget putus. Kalah deh sendal jepit gue. Tapi biasanya ngga lama kemudian mereka balikan lagi. Cuma kali ini si Ario bilang ngga ada harapan buat mereka balikan. Ngga tau kenapa. Si Ario lagi males cerita. Berat banget keliatannya masalah Ario-Della. Berasa kaya lagi ngadepin masalah negara aja. Kalo lagi begini, gue merasa beruntung jadi jomblo, ngga perlu puyeng-puyeng kaya si Ario sekarang.
“Mar, pesen ice mocchacino satu, ngga pake lemot ya.” kata Ario ke Marni.
“Eh satu lagi, ini backsound lagu tolong diganti ya. Lagu apa kek asal jangan Maroon 5.” tambah Ario.
Oke gue ngerti, ini lagu Maroon 5 yang lagi diputer di kedai, bisa dibilang lagunya Ario dan Della banget.
“Tumben. Biasanya Mas Ario seneng dengernya. Kenapa emangnya, Mas?” si Marni kepo.
“Mar, kita tuh lagi anti sama lagu cinta-cintaan. Nanti aja kalo kita udah punya pacar, baru kita bahagia denger lagu-lagu cinta kaya begini. Oke?” kata gue, nyamber.
“Oalah.. Bahagia itu kan sederhana, Mas. Ngga mesti nunggu punya pacar dulu baru bahagia.” kata Marni dengan muka polos.
Wiiiiihh, tumben si Marni omongannya bener. Kesambet apa dia. Ini bukan Marni yang biasa gue kenal. Ini pasti bukan Marni. PASTI! Kembalikan Marni yang dulu! KEMBALIKAAAN! *kebanyakan nonton sinetron drama*
“Galau juga sederhana, Mar. Gara-gara hal sepele orang juga bisa jadi galau.” si Ario menyanggah.
“Iya, bener, Mar. Tuh tadi si Ario disenggol lagu cinta-cintaan dikit, langsung galau kan.” sahut gue.
“HAHAHAHAASEMLO!!” Ario ketawa pake toa.
Itu si Ario lagi ketawa apa hatinya yang lagi menjerit-jerit? Andai si Ario tau tadi gue galau cuma gara-gara ngeliat sendok garpu, gue pasti diketawain abis-abisan.
“Nah, itu dia, Mas. Sebenernya bahagia atau sedih itu pilihan. Kita sendiri yang pilih mau merasakan apa.”
Nah ini! Ini baru sedaaap..! Gue korek-korek kuping dan kucek-kucek mata. Yang barusan ngomong ini si Marni apa Mario Teguh? Pembicaraan semakin menarik. Gue anteng dengerin.
“Maksudnya gimana, Mar?” tanya Ario.
“Gini, Mas. Menurut saya, bahagia itu mesti diciptakan sendiri. Jangan nunggu dapetin sesuatu dulu, baru bahagia. Tapi ngerasa bahagia aja dulu dengan apa yang kita miliki sekarang. Pasti hidup berasa lebih plong.”
Supeeerr sekaliii.. Ternyata di balik kepolosan wajah dan kelemotan daya pikir si Marni, ada juga sisi bijaksananya dia. Ngga nyangka.
“Lo udah punya pacar, Mar?” tanya Ario, entah kenapa terdengar seperti sebuah kode.
“Ngga punya, Mas.”
“Tapi saya bahagia-bahagia aja tuh. Lagian kata guru ngaji saya, pacaran itu ngga baik, Mas.” tambah Marni dengan senyum cemerlangnya.
Beeegggghh.. Gue berasa ditoyor sama kata-katanya Marni. Bener juga ya kata Marni, bahagia atau sedih itu pilihan. Begitu juga dengan gue. Apakah gue mau jadi Joker alias jomblo keren yang merasa bahagia dengan apa yang udah gue miliki sekarang, atau mau jadi Jones alias jomblo ngenes yang tiap hari kerjaannya galau mulu. Oke! Mulai sekarang gue dengan mantap memilih rasa bahagia. Gue janji ngga akan merasa dunia tak adil lagi. Dulu gue sering mempertanyakan kenapa Andhika Kangen Band yang modelnya kaya gitu aja banyak cewenya, sedangkan gue yang ganteng begini belum dapet pacar juga. Sekarang gue nemu jawabannya, gue ini emang bukan seorang calon pacar yang baik, tapi yang pasti ehm… gue seorang calon suami yang baik. *senyum kece bin menawan*
Gue yakin di luar sana, ada tulang rusuk gue yang lagi menanti kehadiran gue, sama seperti gue yang lagi mencari keberadaannya. Nanti pasti akan ada saatnya dipertemukan. Nanti. Entah kapan. Yang jelas sekarang lebih baik gue jadi Joker yang sukses berbisnis sambil mempersiapkan diri menemukan tulang rusuk gue yang sebenarnya.
Sama dengan si Ario. Dia punya pilihan mau tetep stuck di masa lalu atau move on melangkah menuju ke masa depan. Ya, hidup adalah soal pilihan. Bahagia atau sedih adalah pilihan, bukan takdir.
-The End-

~nulis pake gaya creative comedy ternyata tidak mudah yaa. hehe..

visit here http://ayyayayayaaa.blogspot.com

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun