Mohon tunggu...
ReimonT
ReimonT Mohon Tunggu... Seniman - anak sma

terkadang saya berfikir

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Menemukan Ketenangan dalam Kekhawatiran

3 April 2023   22:15 Diperbarui: 4 April 2023   08:38 252
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Salah satu sifat manusia yang cenderung muncul dalam menghadapi masalah adalah Kekhawatiran. Kata "khawatir" sendiri adalah perasaan takut akan hal-hal yang belum terjadi, sehingga Manusia memiliki kemampuan untuk memikirkan masa depan dan mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi. Kemampuan ini membuat manusia khawatir akan hal-hal yang mungkin terjadi di masa depan. 

Selain itu, manusia juga memiliki kemampuan untuk merenungkan keberadaannya dan memahami bahwa hidupnya terbatas dan akan berakhir suatu saat nanti. Kekhawatiran dapat menjadi sebuah dorongan bagi manusia untuk berpikir lebih dalam dan mengambil tindakan yang tepat dalam menghadapi situasi yang dihadapi.

 Namun, Kekhawatiran yang berlebihan merupakan sumber "stress" dan kecemasan yang merugikan kesehatan mental dan fisik manusia. Psikologi menunjukkan bahwa kekhawatiran merupakan penghabat terbesar dalam perangkaian solusi dari suatu masalah yang dihadapi oleh setiap individu manusia, Khususnya kerap terjadi di indivvidu perempuan dikarenakan oleh pola pikir mereka yang mengandalkan perasaan dibandingkan logika. Kekhawatiran pada satu garis besar merupakan hal yang penting dikelola oleh pemikiran manusia.

"Tempe diganti rima
Tahu diganti kosa kata
Garpu dan sendok berontak pada struktur dan bentuk
Tapi nasi tetaplah nasi
Perut kosong mana mempan dikasih puisi "

Saya sendiri adalah manusia yang pernah menghadapi masalah yang begitu beratnya, saya kabur dari rumah untuk lari dari permasalahan yang saya hadapi, dengan harapan dapat tenang dalam pelarian dan melupakan nya. Saya khawatir atas apa dan bagaimana hal yang saya akan pertanggung jawabkan. 

Saya merasa tidak bisa, dan semuanya terlalu berat untuk saya hadapi.  Saya telah berlari sejauh mungkin serta secepat mungkin dari permasalahan ini, tetapi selalu saja ia lebih cepat menangkapku. 

Ternyata, saya menyadari bahwa permasalahan yang saya hadapi saat itu adalah saya sendiri. Saya yang mempunyai pola berfikir yang terlalu pendek dan kurangnya kepercayaan diri adalah permasalahan utama. 

Saya berdamai dengan diri  dan selalu membangunkan mindset yang positif didepanku dan menjadi seseorang yang terbuka dan kedepan dalam menghadapi segala masalah, karena dalam masalah yang saya alami dari saat itu sampai sekarang, saya menyadari bahwa di kehidupan, selalu ada kesedihan dan kebahagiaan.

"Sikap manusia dalam menanggapi segala masalah akan selalu menjadi permasalahan utama"

Sebagai kata- kata terakhir, Temukanlah arti dalam kekhawatiran dan kegelisahan yang dirasakan saat ini. kuasailah diri mu dengan pola pikr yang positif, maka kekhawatiran dan kegelisahan dapat menjadi sumber motivasi dan fokus menerbitkan solusi atas masalah yang dihadapi. Dengan mencoba mencari arti dalam perasaan tersebut, seseorang dapat merasa lebih tenang dan terarah dalam menghadapi masalah.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun