Mohon tunggu...
Mohromli Romli
Mohromli Romli Mohon Tunggu... Administrasi - PC IMM Kota Surabaya

Sukses

Selanjutnya

Tutup

Book

Digital Marketing sebagai Strategi Bisnis

28 Agustus 2022   15:09 Diperbarui: 28 Agustus 2022   15:29 391
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Book. Sumber ilustrasi: Freepik

Perkembangan teknologi menghasilkan sarana semakin canggih, dalam konteks dunia kerja saat ini pemanfaatan teknologi begitu berguna dalam membantu kegiatan pemasaran. 

Dimana dengan adanya pemanfaatan teknologi yang baik sebuah bisnis atau perusahaan dapat menjangkau menjadi lebih luas dan juga memasarkan produk yang ditawarkan melalui beragam, tak hanya merupakan memasarkan produk menggunakan media digital dengan keuntungan yang lebih besar dari menggunakan teknik pemasaran digital.

Pemasaran  digital atau digital marketing adalah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk memasarkan produk yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan yang mempunyai bisnis. Menurut seorang ahli pemasaran digital adalah sebuah strategi untuk meraih jumlah orang yang masif untuk menciptakan ketertarikan dan permintaan terhadap suatu produk yang dijual oleh perusahaan bisnis.

Seperti yang sudah disebutkan dengan penerapan strategi digital jadi dapat menjangkau pasar secara lebih luas bahkan dapat menjangkau yang berada di belahan bumi lain tanpa harus mengkhawatirkan batasan waktu. Hal yang lebih menguntungkan bagi pelaku bisnis yang menerapkan strategi pemasaran digital adalah biaya yang murah. Tentu saja strategi pemasaran untuk menjangkau jumlah yang sama.

Dapat diukur keuntungan lain yang bisa dapatkan dengan menerapkan strategi digital marketing adalah data yang terukur ketika pemasangan iklan, penggunaan facebook, atau instagram dan google ads. Hasilnya dapat dilihat secara real time. Melihat beberapa banyak orang yang sudah melihat iklan yang dipasang dan bagaimana responnya terhadap iklan tersebut.

jika memasang iklan berupa video juga bisa memantau berapa lama orang-orang yang menonton video tersebut.

Sekarang sudah lebih paham tentang digital marketing secara definisi dan juga kegunaanya dengan beberapa pemasaran digital yang banyak digunakan oleh para pelaku bisnis mulai dari strategi pemasaran berbayar hinggga yang beberapa Channel digital marketing contohnya google ads tentu pernah melakukan pencairan dimesin pencari seperti google ketika hasil pencarian ditampilkan akan muncul beberapa hasil pencarian yang memiliki tulisan ads pada bagian  judul halaman. Itu sebuah contoh untuk mencari kecepatan iklan dan informasi di digital marketing.

Pemanfaatan media sosial tersebut ada yang bisa mencoba semaksimal mungkin untuk membuat promosi produk terlebih dahulu sebelum menyemplungi strategi iklan digital marketing pasti akan dapat tercapai dan juga berkembang secara berkala dengan keuntungan yang lebih besar dan juga menggunakan strategi email marketing dapat dianggap sebagai spam oleh sistem dengan pengguna jika terlalu sering mendapatkan email promosi.

Penjelasan diatas dapat diketahui bahwasanya digital marketing adalah strategi pemasaran yang wajib kita coba sebagai pelaku bisnis dewasa ini. Dengan menggunakan digital marketing dapat melakukan ekspansi secara lebih luas dapat meraih lebih banyak keuntungan untuk bisnis, tertarik untuk mendalami digital marketing untuk mengembangkan bisnis atau sedang berkecimpung di dunia marketing sebagai pekerja utama.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun