Kebahagiaan adalah side effect karena flow menjalani jalan hidup penuh kesadaran (assalmu), keselarasan (aslama) dan optimalisasi diri (istaslama). Kebahagiaan bukan tujuan, kebahagiaan adalah proses perjalanan yang dialami seumur hidup kita. Kebahagiaan bukan dicari, namun dialami. Kebahagiaan seperti udara, kita tidak perlu mencari atau mengejarnya, cukup dialami dan dinikmati dalam setiap tarikan dan hembusan nafas kita. Dalam penelitian Brett Q Ford atas orang yang mencari kebahagiaan justru paradoks mengalami sabaliknya yakni ketidakbahagiaan. Ketika setiap moment dalam hidup kita dapat kita jalani secara natural (flow) dengan kesadaran , keselarasan dan optimalisasi diri  maka sebenarnya kita sudah berada di jalan hidup/way of life (ad-din) yang benar. Mihaly Csikszentmihalyi Ph.D, seorang Profesor Psikologi dan Manajemen Terkemuka di Claremont Graduate University dalam Flow : The Psychology of Optimal Experience menyampaikan bahwa kondisi flow adalah rahasia kebahagiaan. Jalan hidup kesadaran (assalmu), keselarasan (aslama) dan optimalisasi diri (istaslama) ini esensi jalan spiritual apapun.Â
Manusia hidup awalnya berjumpa dengan dirinya (kesadaran/assalmu). Menyadari diri sejatinya. Menyadari Sang Sejati. Menyadari bahwa alam semesta dan segala isinya termasuk diri kita manusia adalah percikan yang Sang Sejati. Kita hidup berasal dariNya. Jati diri kita sebenarnya adalah Sang Sejati yang memiliki sifat utama penuh keberlimpahan (abundance/ar rohman) dan penuh cinta (love/ar rohim). Jati diri kita adalah makhluk kebahagiaan. Selanjutnya di alam semesta ini ada hukum-hukum semesta yang mempengaruhi kehidupan detik demi detik di semua tingkatan yang memberi petunjuk apa yang seharusnya dilakukan atau tidak dilakukan. Kita perlu menyelaraskan dengannya (keselarasan/aslama). Menyelaraskan diri dengan sifat dasar alam semesta penuh keberlimpahan (abundance/ar rohman) dan penuh cinta (love/ar rohim). Menyelaraskan dengan Sang Sejati. Menyelaraskan dengan kebahagiaan sejati. Segala hal yang tidak selaras dengan keberlimpahan dan cinta adalah penderitaan. Hingga akhirnya kita harus melepaskan semua keterbatasan, melepaskan semua kemelekatan terhadap ego, keinginan dan segala, melepaskan semua ikatan pada pernik-pernik duniawi yang fana dan fatamorgana (optimalisasi diri/istaslama). Terbang tinggi kepada Sang Sejati mengakses kekuatan yang tidak terbatas, abadi dan sejati. Mengoptimalkan diri terus menerus memanifestasikan sayap keberlimpahan (abundance/ar rohman) dan cinta (love/ar rohim) pada kehidupan.Â
 Jalan spiritual ini seperti cara kerja otak dan nafas dengan penjelasan sebagai berikut :
Pertama, kita heningkan diri menghirup nafas dengan kesadaran (assalmu). Untuk jeda. Untuk memberi ruang. Untuk mengumpulkan kesadaran. Untuk memilih. Untuk menghadapi moment berikutnya. Kita tidak bisa beraktivitas dengan baik jika panik. Kecemasan menutup pusat kreatif otak manusia. Ketika kita tidak tenang, apa pun yang coba kita lakukan menjadi deretan kesalahan yang bertumpuk. Jika kita tenang, kita dapat melihat dengan sudut pandang yang lebih tinggi, menemukan solusi untuk masalah yang harus kita atasi dan dapat mulai beraktivitas dengan lancar. Untuk tenang, kita perlu menarik napas dalam-dalam dan membawa pikiran pulang ke tubuh kita. Memahami segala sesuatu dengan kejernihan serta bisa menyaksikan yang baik dan benar.
Kedua, masuk dan keluarnya nafas adalah hukum semesta sebagai makhluk hidup yang tidak bisa dicegah. Kita hanya bisa tunduk berada dalam keselarasan (aslama) melakukan proses nafas secara teratur baik disadari atau tidak disadari. Semakin kita menyadari setiap tarikan dan hembusan nafas, semakin kita sadar, semakin kita mengalami kemurnian diri, merasakan kemurnian kasih dan sayang/abundance and love/rohmaan rohiim, merasakan sumber kemurnian kasih dan sayang/abundance and love/rohmaan rohiim tersebut dan memahami keterhubungan kita kepada yang sejati di dalam diri kita. Ketidakselarasan nafas menunjukkan kondisi jiwa yang tidak bahagia, tidak sesuai fitrahnya, merupakan penderitaan bahkan bisa menyebabkan kerusakan/kematian. Betapa berharga nilai tarikan dan hembusan nafas ini. Kita bisa memiliki dan merangkul harta, jabatan, ilmu, pasangan, popularitas setinggi langit, namun dihadapan nafas semua itu sama sekali tidak berharga. Bila tarikan dan hembusan nafas kita sudah tidak selaras atau bahkan merupakan nafas terakhir, apakah masih bernilai semua harta, jabatan, ilmu dan popularitas yang kita miliki?Â
Ketiga, kita pasrahkan keterbatasan diri dengan menghembuskan nafas. Mengakses kekuatan yang tidak terbatas dan mengalami optimalisasi diri (istaslama). Melepaskan semua beban hidup dunia fana fatamorgana. Serahkan semua kepada Sang Sejati yang Maha Abadi. Hidup tidak hanya soal mengumpulkan namun hidup adalah juga soal melepaskan. Tidak semua terserah kita. Â "Tangan kita relatif pendek". Kita tidak mungkin bisa mengontrol semuanya berada dalam kendali kita menjadi seperti yang kita mau. Kita memang memiliki kebebasan memilih (free choice). Namun free choice kita tersebut juga bersinggungan dengan free choice yang lain. Kita bebas melakukan apa saja, namun kita tidak bebas dengan segala konsekuensinya. Â Penjajah hidup kita sejatinya ada ego, keinginan dan hawa nafsu kita. Kemerdekaan hidup dan optimalisasi diri kita sejatinya bila kita lepas dari kemelekatan terhadap ego keinginan dan hawa nafsu. Memutus kausalitas, mengosongkan diri dari tuhan-tuhan (gods) lain selain "Diri yang Tinggi", satu eksistensi sejati, sumber segala realitas, dan absolute.Â
Coba jeda dari aktivitas dan menyadari nafas sebentar ! Apa yang kita cari dalam hidup ini? Dibalik semua harta, jabatan, ilmu dan popularitas kita, sejatinya kita mencari kesadaran (assalmu), keselarasan (aslama) dan optimalisasi diri (istaslama). Mengalami purifikasi hidup hingga hidup dalam keselamatan, kedamaian, ketenangan, kenikmatan, ketertiban, kebaikan, kebahagiaan dan kebermaknaan hidup (salam). Apapun jalan hidup kita, mau career path, berbisnis, menentukan pasangan hidup, menentukan jalur pendidikan, pilihan investasi, bersosialisasi, gaya hidup, kita akan mengikuti jalan assalmu, aslama, istaslama dan salam. Suka tidak suka, mau tidak mau, sadar atau tidak sadar, sukarela atau terpaksa, theis atau atheis, manusia akan menempuh jalan tersebut. Kita belajar, kita bermain, kita bekerja, kita berbisnis, kita berinvestasi, kita bersosialisasi, kita melakukan aktivitas apapun baik bersifat individual maupun sosial ujung-ujungnya adalah mengalami kesadaran (assalmu), keselarasan (aslama) dan optimalisasi diri (istaslama) serta menuju kepada keselamatan, kedamaian kenikmatan, kebaikan, kebahagiaan dan kebermaknaan hidup (salam). Semua obat hati dan healing terletak dalam purifikasi hidup kita dengan kesadaran, keselarasan dan optimalisasi diri.Â
Allah satu kata untuk segala kesempurnaan hidup, kebaikan hidup, cita-cita hidup, healing, success, happiness and greatness yang sejati/hakiki, tidak fana dan bisa diandalkan. Tidak ada bentuk kata jamak dari Allah. Allah bukan tuhan laki-laki (god) dan bukan pula tuhan perempuan (goddes). Lafadz Allah tersusun huruf alif, lam dan ha. Bila huruf alif dihilangkan maka lafadz Allah menjadi Lillah (murni, utuh, semua karena Allah). Bila huruf lam dihilangkan maka lafadz Allah menjadi Hu (dhomir/kata ganti untuk "Diri yang Tinggi", satu eksistensi sejati, sumber segala realitas dan absolute. Hu (Dia) adalah sang sejati/hakiki (absolute), laisa kamitslihi/tan keno kinoyo ngopo/infinity/tidak dibatasi (defined) oleh ruang, waktu, materi, energi dan informasi serta tidak bisa dikurung dalam kategori apapun. Setiap detik, setiap saat kita bernafas dengan Hu. Hu adalah nama yang paling suci untuk satu yang sejati, sumber segala realitas dan absolute. Hu adalah nama kuno untuk Tuhan Sejati. Hu telah digunakan selama ribuan tahun sebagai doa suci untuk menyesuaikan diri dengan kehadiran Tuhan. Hu adalah kunci untuk membuka hati terhadap kehadiran kasih sayang Tuhan/keberlimpahan dan cinta Ilahi dalam hidup kita serta mengangkat kita secara spiritual dalam kedamaian batin, penyembuhan, dan pencerahan. Hu adalah suara di balik semua suara, terjalin ke dalam bahasa kehidupan. Hu adalah suara semilir angin, suara rintik air hujan yang turun, riak gelombang laut, suara kobaran api dan suara reruntuhan tanah . Hu terdengar dalam tangisan, tawa dan seluruh hiruk pikuk duniawi. Hu adalah suara alam semesta. Hu adalah suara Tuhan. Itu adalah kata yang dapat digunakan orang di mana saja untuk menyapa "Diri yang Tinggi", satu yang sejati, sumber segala realitas, wujud sempurna dan absolute.
Bila diringkas, semua jalan hidup (ad-din) tersebut adalah jalan Islam. (QS 3 : 19, 85). Pertanyaannya adalah apakah kita sudah mengikuti jalan Islam secara kaffah (totalitas/sadar penuh hadir utuh)?  Sekali lagi apakah kita sudah mengikuti jalan Islam secara kaffah (flow/benar-benar dinikmati, disadari dan bermakna)? Jangan-jangan kita tidak bisa menikmati hidup secara sadar penuh hadir utuh di setiap moment. Jangan-jangan kita tidak menyadari siapa diri kita? Darimana kita berasal? Mau kemana kita hidup? Jangan-jangan kita sudah tersesat dalam kehampaan hidup dan menjalani hidup yang tidak bermakna. Jangan-jangan hidup kita tidak selaras dengan hukum-hukum semesta baik yang bersifat kauniah (hukum alam) maupun qouliyah (wahyu). Jangan-jangan hidup kita masih belum merdeka, masih diperbudak oleh ego, keinginan dan hawa nafsu serta belum bisa melepaskan kemelekatan darinya. Semua rasul-rasul dan nabi-nabi mulai Nabi Adam AS hingga Nabi Muhammad SAW serta orang-orang saleh, jalan hidup (ad-din) nya adalah jalan hidup (ad-din) Islam secara kaffah (QS 21 : 109; QS 12 : 101; QS 3 : 52).Â
Dan sholat adalah tiang penyangga utama dalam jalan hidup (ad-din) Islam secara kaffah tersebut. Karena itu yang membedakan antara orang yang menempuh jalan hidup (ad-din) Islam dan orang yang tidak menempuh/menutup (kafara/kufur) terhadap jalan hidup (ad-din) Islam adalah sholat. [HR. Muslim No. 82; HR. Tirmidzi No. 2621, 2622; HR An-Nasa'i No. 464]. Ekspresi sholat adalah ekspresi ketenangan/keheningan/perdamaian/kesadaran (assalmu), ketundukan/kepatuhan/ketaatan/keselarasan (aslama) dan penyerahan keterbatasan diri/optimalisasi diri  (istaslama). Ekspresi sholat adalah ekspresi jalan hidup Islam secara kaffah (totalitas/flow). Ekspresi tenang/hening/damai/sadar (assalmu) tercermin dalam posisi berdiri/tree pose (qiyyam). Ekspresi penghormatan/ketundukan/kepatuhan/keselarasan (aslama) tercermin dalam posisi the half forward bend pose (ruku'). Ekspresi penyerahan diri, pelepasan keterbatasan diri, optimalisasi diri (istaslama) tercermin dalam posisi sujud (sijdah). Ekspresi keselamatan, kenikmatan, kesadaran, kebaikan, kebahagiaan dan kebermaknaan hidup  tercermin dalam semua posisi dalam sholat puncaknya di posisi salam.Â
Soft opening sholat di awali dengan mensucikan seluruh pikiran, energi, emosi dan tubuh dengan membasuh seluruh diri/mandi (ghaslu) dan membasuh sebagian diri (wudhu). Wajib mandi bila masih ada hadas (kotoran pikiran, kotoran energi, kotoran emosi dan kotoran tubuh) yang besar. Cukup wudhu untuk membersihkan hadas (kotoran pikiran, kotoran energi, kotoran emosi dan kotoran tubuh) yang kecil. Grand opening sholat dilakukan dengan niat, yakni melakukan perjalanan jiwa (soul journey), melalui diri, perjalanan ke dalam, menuju diri sendiri, menuju Allah. Bersamaan dengan niat sholat tersebut, melakukan takbiratul ihram (takbir = Allahu Akbar). Disebut takbiratul ihram karena dengan adanya takbir ini, jalan spiritual shalat mulai dibuka dan diharamkan segala aktivitas selain aktivitas shalat. Mengecilkan ego state diri, memasuki area suci Allah dan melebur pada kebesaran Allah. "Melepaskan" kemelekatan terhadap ego, keinginan, hawa nafsu dan segala pernak-pernik serta hiruk pikuk duniawi. Menjalani pendakian spiritual. Mengakses Allah, "Diri yang Tinggi", sumber segala realitas, wujud sempurna dan absolute, yang tidak dibatasi ruang, waktu, materi, energi dan informasi. Dalam menempuh jalan perdamaian/ketenangan/keheningan/kesadaran (assalmu), perlu menata niat dan mengecilkan ego state diri hingga berada dalam kondisi "nol". Kondisi "nol" ini kita jaga di sepanjang dinamika hidup kita. Sama seperti halnya sholat, kita mengecilkan ego state diri hingga berada dalam kondisi "nol" dan kita jaga di sepanjang sholat kita. Karena itu peralihan gerakan utama sholat mulai dari posisi berdiri (qiyyam), posisi the half forward bend pose (ruku') dan posisi sujud (sijdah) diiringi dengan takbir "Allahu Akbar". Tenang/damai/hening (assalmu) tersebut di ekspresikan dengan posisi berdiri. Dalam posisi berdiri (qiyyam) ini pokok aktivitas (rukun) yang dilakukan adalah niat, takbiratul ihram dan membaca Surat Al Fatihah [HR. Al Bukhari No. 756, HR. Muslim No. 394].Â