Persaingan pada dunia karir yang semakin hari semakin ketat tentunya tidak bisa dihadapi hanya dengan kemampuan / skill yang biasa biasa saja. Tetapi, pada kenyataannya, hingga hari ini masih banyak orang yang bingung bagaimana mempersiapkan diri untuk menghadapi dunia karir.
AIESEC in UIN Jakarta, organisasi yang berfokus pada kepemimpinan dan pengembangan anak muda meluncurkan program Reskillience, program virtual bootcamp selama 3 minggu yang telah membantu 70 delegates mempersiapkan diri memasuki dunia kerja. Pada virtual bootcamp ini, delegates mendapatkan pelatihan hard skill berupa Figma dan Graphic Design, Microsoft Excel, hingga Copywriting dan juga soft skill yang berupa Time Management, Personal Branding, Problem Solving, dan People Management. Pada hari ke-6 yang juga merupakan hari terakhir pada bootcamp ini, delegates mendapat kesempatan untuk mempelajari bagaimana cara membuat CV yang menarik dan membuat promotion tools di Figma yang sedang booming dan banyak digunakan oleh perusahaan ternama.
Tips Membangun CV yang Menarik agar Segera Dilirik HRD
Membuat CV yang menarik dan bisa membawa kamu menuju tahap selanjutnya pastinya bukan hal yang mudah, mulai dari memasukkan identitas hingga experience, kita harus berhati hati agar jangan sampai CV yang kita tulis malah membuat Recruiter tidak melihat dengan jelas potensi yang kita miliki.
Secara umum, CV merupakan ringkasan hidup seseorang yang memuat identitas, kontak, pengalaman kerja, bahkan hingga pencapaian dan kontribusi orang tersebut. Walaupun terlihat sepele, CV merupakan dokumen yang sangat penting untuk mengenalkan diri dan membangun kesan pertama yang menonjol pada Recruiter. Tapi, bagaimana cara membuat CV yang dapat menarik mata Recruiter?
Rahasia CV yang Menarik
Dalam kesempatannya kali ini, Kak Rizka sebagai People Operations di Kitabisa dan pemateri pada hari ke-6 menyampaikan banyaknya CV dan dokumen yang harus diproses HR, menyebabkan CV hanya dilihat dan di review kurang dari 1 menit. Oleh, karena itu, penting bagi kita untuk membuat CV yang ringkas dan memuat informasi yang relevan dengan posisi yang kita apply seperti identitas dan kontak pribadi, riwayat pendidikan, dan pengalaman kerja beserta deskripsi singkat dan pencapaiannya.
Mulai dari Feed yang Aesthetic hingga Poster Bisnis yang Menarik, Tenang, Semua Bisa di Figma
Siapa yang hingga hari ini belum mengetahui apa itu Figma? Figma adalah aplikasi yang digunakan untuk membuat desain berbasis cloud dan alat prototyping untuk proyek digital. Sebagaimana yang telah dijelaskan, Figma merupakan aplikasi yang berbasis cloud, sehingga sangat cocok untuk kamu yang memiliki proyek dan membutuhkan kolaborasi secara real time dalam pengerjaannya.
Dalam bidang Graphic Design, tentunya Figma dapat digunakan untuk membuat banyak hal, tetapi pada hari ke-6, Kak Humaira sebagai UI / UX Specialist memberikan materi mengenai pembuatan Promotion Tools menggunakan Figma dengan plugins yang paling sering digunakan.
Beberapa Plugins yang Paling Sering Digunakan pada Figma
- Unsplash
Unsplash merupakan website penyedia ribuan gambar berkualitas tinggi tanpa harus memberikan royalti pada pembuatnya. Kamu dapat langsung memilih plugin Unsplash untuk Figma dan menggunakan gambar mockup dari layar utama Figma. Tidak heran mengapa Unsplash memiliki jumlah unduhan terbanyak di Plugin Store.
- Iconify
Iconify merupakan plugin yang menyediakan ribuan icon yang bisa digunakan secara gratis untuk memudahkan desainer membuat ilustrasi pada desainnya di Figma.
- Image Palette