Mohon tunggu...
Muhammad Alqi Fahrezi
Muhammad Alqi Fahrezi Mohon Tunggu... Freelancer - Full Time Blogger, Financial Freedom seeker before 30, and tech addict

Just spend 17 hours everyday in front of computer

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Reskillience Bootcamp Day 4: Meningkatkan Skill Copywriting dan Graphic Design dengan Real Practice

10 Februari 2022   13:39 Diperbarui: 10 Februari 2022   13:42 404
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokpri / Lulu Nurul Jannah sedang menjelaskan materi copyrwriting

Untuk pertama kalinya AIESEC in UIN Jakarta mengadakan virtual bootcamp yang bertemakan Reskilience. Bootcamp yang dihadiri sebanyak 70 peserta ini, bertujuan untuk meningkatkan skill pada generasi muda baik softskill maupun hardskill. Acara ini berlangsung selama 6 hari dalam 3 minggu, pada hari sabtu dan minggu.

Di minggu pertama peserta mendapatkan materi mengenai personal branding, time management, learning strategy, dan copywriting.  Dan di minggu kedua ini tepatnya pada hari keempat, para peserta menerima materi hard skill berupa materi lanjutan copywriting dan graphic design.

Memahami Apa itu Copywriting?

Mengutip dari laman  American Writers and Artist Institute (AWAI), copywriting adalah proses penulisan materi pemasaran dan promosi persuasif dengan tujuan memotivasi orang lain untuk mengambil beberapa bentuk tindakan, seperti halnya melakukan pembelian, mengklik tautan, menyumbang,  ajakan , hingga mempengaruhi target untuk menghubungi bagian penjualan.

Kemudian, Apa Itu Graphic Design?

Graphic design atau bisa disebut dengan desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan teks dan gambar untuk menyampaikan suatu  informasi atau pesan seefektif mungkin.

Apa yang Dipelajari di Bootcamp Reskillience Day 4?

Di sesi pertama hari ke-4 ini terdapat materi lanjutan mengenai Copywriting. Materi yang dibawakan oleh Lulu Nurul Jannah yang biasa disebut Kak Lulu. Kak Lulu ini merupakan digital content writer di Niagahoster. Materi yang dibawakannya mengenai keyword research, yang merupakan cara dalam mengetahui kata atau frasa yang dimasukan target audience ketika mencari suatu produk ataupun konten. Keyword ini terbagi menjadi dua yaitu, focus keyword dan secondary keyword. Dimana focus keyword merupakan keyword utama (general) dan secondary keyword merupakan kata kunci pendukung dari focus keyword tersebut.

Di dalam pembahasan keyword terdapat istilah short tail keyword dan long tail keyword. Short tail keyword merupakan kata kunci yang terdiri dari 2 sampai 3 kata, sedangkan long tail keyword merupakan kata kunci yang terdiri lebih dari 3 kata atau bisa disebut dengan kata kunci turunan dari short tail keyword. Dan gak hanya itu, pada materi ini peserta diberi tips bagaimana mencari ide keyword dan rekomendasi keyword search engine.

Dilanjut pada sesi kedua terdapat materi berupa Desain Grafis. Materi ini dibawakan oleh Muhammad Alqi Fahrezi yang merupakan manajer digital public relation di AIESEC in Jakarta. Pada penyampaiannya Alqi lebih berfokuskan mengenai graphic design principle. Graphic design principle sendiri bertujuan agar desainer grafis pemula dapat membuat desain mereka bernilai lebih tinggi. Graphic design principle ini memuat mengenai garis, warna, jarak, ukuran, transparansi, kontras, keseimbangan, penekanan, repetisi atau pengulangan, proporsi, pergerakan, keanekaragaman, tipografi, kombinasi font, dan basis design berupa bitmap maupun vektor.

Dokpri / Muhammad Alqi Fahrezi sedang menjelaskan Graphic Design Fundamentals
Dokpri / Muhammad Alqi Fahrezi sedang menjelaskan Graphic Design Fundamentals

Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa desain grafis tidak hanya mengandalkan nilai estetika, tetapi juga makna yang terkandung akan warna yang dipilih, preposisi desain tersebut, ataupun prinsip-prinsip lainnya. Pada sesi ini peserta tidak hanya menerima materi berupa teori, tetapi mereka turut mempraktekkan materi yang telah dijelaskan sebelumnya. Setelah itu hasil kerja peserta akan langsung diperiksa oleh pemateri.

Berdasarkan materi yang disampaikan pada hari ini, keduanya memiliki kesinambungan. Salah satunya dalam kegiatan pemasaran, karena di dalam kegiatan pemasaran diperlukan skill copywriting yang mumpuni untuk memasarkan produk kita menjadi optimal. Selain itu dengan belajar desain grafis kita sudah bisa membuat sebuah logo yang kita inginkan serta poster pemasarannya guys.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun