Artikel ini merupakan intisari dari pelatihan mandiri Kurikulum Merdeka Belajar pada tema Pendidikan yang mengantarkan Keselamatan dan Kebahagiaan
Prespektif guru dalam mendidikan tidak selalu sama dengan prespektif murid. Dalam mengevauasi harusnya guru tidak dengan satu alat tes saja. Fungsi Pendidikan adalah mengantarkan murid agar siap hidup dan memberikan kepercayaan kepada murid bahwa di masa depan mereka akan mampu mengisi zamannya demi mencapai keselamatan dan kebahagiaan.
Funsi Pendidikan akan berjalan sesuai denga napa yang dicita-citakan ki Hajar Dewantara bila kita sebagai pendidik memahami hal-hal sebagai berikut:
1) setiap murid memiliki kodrat kekuatan/potensi-potensi yang berbeda
2) Pendidikan sebagai tuntunan
3) Mendidik adalah menuntun murid agar selamat dan Bahagia
4) Pendidik tidak dapat berkehendak atas kodrat kekuatan atau potensi murid
5) Pendidik dapat memberikan daya upaya maksimal untuk mengembangkan akal budi pekerti murid
6) Pendidik membantu mengantarkan murid untuk merdeka atas dirinya sendiri untuk kehidupan dan penghidupannya, memelihara dan menjaga bangsa dan alamnya
“Kemerdekaan murid dalam belajar merupakan kunci untuk mencapai tujuan Pendidikan yang mengantarkan keselamatan dan kebahagiaan” ucap Ki Hajar Dewantara
Dalam konsepnya Ki Hajar Dewantara mengenalkan apa yang disebut sistem among sebagai sistem yang dapat diterapkan dalam mengantarkan murid selamat dan Bahagia.