Mohon tunggu...
Mohammad Setiawan
Mohammad Setiawan Mohon Tunggu... Ilustrator - Karyawan Sawasta

Menulis

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Senyuman Tulus, Teknik Service Excellent Terbaik!

10 Agustus 2024   17:10 Diperbarui: 10 Agustus 2024   17:11 12
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

    Persaingan dunia usaha sekarang ini sangatlah ketat. Semua sektor usaha dari mulai UMKM sampai dengan industri besar saat ini persaingan dalam memperoleh pembeli atau pelanggan sangat penuh dengan persaingan yang ketat. Sektor industri makanan, minuman, pakaian, furniture, otomotif maupun dunia perbankan berlomba-lomba untuk bisa menarik pembeli atau nasabah. Produk hampir sama baiknya, harga juga sama sehingga harus ada sesuatu hal yang baru untuk bisa menggoda calon konsumen dan mempertahankan pembeli agar tetap loyal memamkai produknya. Apa yang sekarang dilakukan oleh perusahaan perusahaan untuk bisa menarik konsumen ?

   Service !, itulah sekarang yang sedang dilakukan oleh perusahaan untuk bisa menjual produknya. Service adalah setiap kegiatan yang ditujukan untuk memberikan kepuasan kepada konsumen yang diberikan oleh seseorang atau organisasi secara memuaskan. Penerapan Service ini dilakukan hampir disemua unit bisnis. Coba saja anda masuk ke Restoran , pasti akan disambut oleh pegawai dengan kata sambutan " Selamat datang Bpk / Ibu....Mari silahkan masuk...", Anda masuk ke showroom mobil , pasti akan di sambut oleh salesgirl dengan lincahnya akan mempersilahkan anda masuk dan memilih mobil pilihan anda. Ketika anda masuk ke hotel , sudah pasti akan disambut oleh dengan ramah oleh petugas hotel di depan pintu masuk...Apalagi kalau Anda masuk ke bank, sudah pasti akan di sambut oleh Security dan Customer Service dengan sangat ramah karena sektor perbankan ini yang paling mengedepankan pelayanan excellent kepada seluruh nasabahnya. Kenapa Perbankan sangat getol melakukan service excellent ? karena hampir semua produk Bank adalah hampir sama sehingga harus ada yang membedakan dengan Bank lain , tentunya service yang diberikan ke nasabah harus bisa memuaskan. Setiap Bank pasti mempunyai standard masing masing dalam hal pelayanan kepada nasabahnya.

   Secara teoritis , banyak sekali panduan panduan service yang bisa dipelajari dan harus dilakukan oleh pegawai instansi tertentu. Role play pastinya wajib dilakukan untuk melatih para pegawai supaya tidak canggung dalam prakteknya melayani nasabah  pembeli secara langsung. Tahap tahap dasar service biasanya adalah Menyapa pelanggan , Bersikap Ramah, Responsif dan Soltif, Empati dan mendengarkan sampai dengan penutup yang tujuannya adalah membuat pelanggan/nasabah terkesan dengan pelayanan kita.Namun dari semua teori dan panduan yang ada, sebenarnya yang terpenting dalam service dan pelayanan adalah " Senyum Tulus " yang dipancarkan dari setiap wajah pegawai tidak hanya pegawai frontliners saja...tetapi semua pegawai yang ada di kantor tersebut.

  Service tidak hanya dilakukan oleh pegawai frontliner saja , tetapi semua unit kerja dari mulai Security sampai pimpinan harus mempunyai jiwa yang tulus untuk memberikan pelayanan atau service excellent kepada semua pembeli  pelanggan atau nasabah. Seorang pimpinan harus memberikan contoh atau role model bagi bawahannya , jadi seorang atasan harus melakukan semua teori service ke praktek yang sesungguhnya. Kalau seorang pimpinan bisa menguasai teori dan praktek maka seseorang yang menjadi bawahannya pasti akan mencontoh tindakan bosnya. Ini menjadi hukum alam, karena seseorang akan melakukan tindakan yang sama atau bahkan lebih baik dari atasannya.

  Sebenarnya inti dari Service kepada pembeli,pelanggan , nasabah adalah berikan senyuman yang tulus.Senyum adalah senjata utama agar nasabah merasa terlayani dengan baik. Senyum adalah sebuah ekspresi wajah yang terjadi karena pergerakan diujung bibir dan mata, ketika tersenyum maka raut wajah seseorang akan terlihat ceria. Senyum datang dari sebuah kebahagiaan. Seperti kata William Arthur ward " senyuman hangat adalah bahasa universal kebaikan ". Percuma dibekali dengan berbagai macam teori atau panduan service tetapi tidak didasari dengan hati yang tulus  ikhlas dengan memberikan senyuman , pelayanan kepada pelanggan tidak akan mengena di hati pelanggan.Setiap orang pasti akan merasa dilayani dengan tulus atau tidak, gampang sekali membedakan antara pegawai yang memberikan pelayanan dengan tulus atau dengan terpaksa. Lihatlah senyuman mereka, Pegawai yang memberikan senyuman tulus akan terlihat mukanya sangat happy dan hangat dalam memberikan service...tetapi bagi pegawai yang dengan terpaksa atau tidak tulus maka kelihatan wajahnya tidak cerah bahkan tersenyum pun akan terlihat senyuman kecut alias tidak tulus.

  Senyuman mengandung arti yang penuh makna. Orang akan senang kalau melihat lawan bicaranya tersenyum dengan tulus. Siapapun yang kita hadapi baik pembeli biasa, menengah ataupun level orang kaya sebaiknya berikan senyuman yang sama , yaitu senyuman yang tulus. Dalam agama pun senyuman merupakan salah satu ibadah karena bisa menyenangkan orang lain. Belajarkan melayani pembeli, pelanggan, nasabah dengan service excellent dengan memberikan senyuman yang tulus. Niscaya pembeli akan selalu berdatangan membeli barang dagangan anda tetapi jangan lupa kualitas barang anda juga harus berkualitas !

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun