Mohon tunggu...
Mohammad Setiawan
Mohammad Setiawan Mohon Tunggu... Ilustrator - Karyawan Sawasta

Menulis

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Service Purna Jual, Penting untuk Dilakukan!

7 Juli 2024   21:31 Diperbarui: 7 Juli 2024   21:41 12
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Penjualan adalah suatu proses untuk memindahkan produk atau jasa yang diproduksi untuk bisa dibeli oleh konsumen. Proses ini memerlukan effort atau usaha yang sungguh sungguh dilakukan oleh produsen beserta jajarannya Sebenarnya proses penjualan tidak hanya dilakukan oleh staff marketing tetapi semua team atau seuruh staaf yang ada di perusahaan tersebut. Namun Job utama memang dibebankan kepada Team Marketing / Sales yang  harus fokus untuk mengenalkan dan sekaligus memasarkan barang kepada konsumen.Strategi dan jurus-jurus marketing tentunya sudah banyak diajarkan kepada team sales baik secara teoritis maupun praktek karena setiap perusahaan pasti akan mempunyai standarisasi pemasaran tersendiri, terkecuali produsen pribadi atau UKMK yang tentunya memasarkan barangnya secara mandiri.

   Dapat disimpulkan bahwa pemasaran adalah suatu kegiatan mengenalkan  menyampaikan barang atau jasa kepada konsumen untuk memenuhi kebutuhannya. Di era modern sekarang ini konsep pemasaran tidak hanya proses menjual saja tetapi apa yang harus dilakukan oleh produsen setelah berhasil menjual produknya. Apakah diam saja ? Apakah akan mencari konsumen baru ? Apakah akan membuat pelayanan purna jual ?. Produsen atau team sales yang mengerti dunia bisnis tentunya tidak akan memilih untuk  " Diam saja " setelah berhasil menjual produknya.

  Apa yang harus dilakukan selanjutnya setelah menjual produk / jasa kepada konsumen ? Setidaknya produsen tidak akan melupakan pembeli yang telah membeli barangnya. Setidaknya melalui media periklanan produsen akan mengucapkan terimakasih kepada konsumen yang telah membeli produknya. Biasanya ucapan " Terima Kasih Anda Telah Membeli Produk Kami, Anda Percaya Bahwa Kami Akan Memuaskan Kebutuhan Anda " akan terpampang di media periklanan. Pembeli akan merasa dihargai dengan ucapan tersebut, setidaknya dengan ucapan ini Pembeli tentunya akan membeli kembali produk ini untuk memenuhi kebutuhannya atau hanya sekedar ingin membeli saja karena sudah terpesona dan tersanjung dengan sikap produsen yang menghargainya.

   Untuk produk atau jasa tertentu , produsen harus memperhatikan layanan purna jualnya. Pengertian layanan purna jual adalah pelayanan dari produsen atau pelaku usaha untuk konsumen yang telah membeli produknya. Service ini akan menumbuhkan kepuasan atau loyalitas pelanggan terhadap produk anda dan bisa memperkuat hubungan antara bisnis anda dengan pembeli / pelanggan. Apalagi dengan produk jasa seperti Perbankan yang sangat membutuhkan kepercayaan dari nasabahnya. Produk-produk yang membutuhkan layanan purna jual sepert :

  • Produk Handphone , sangat penting bagi konsumen pembeli Handphone karena setelah meemiliki dan memakainya maka kemungkinan Hp tersebut mengalami kerusakan cukuplah besar. Sehingga diperlukan service atau layanan purna jual. Produsen Hp yang mempunyai layanan purna jual tentunya produk yang dijual akan disukai oleh pembeli.
  • Produk Elektronik seperti TV, Radio, Mesin Cuci, Kulkas dan barang lainnya. Semua pembeli yang membeli barang elektronik pasti akan menyukai layanan purna jual karena produk ini rentan dengan kerusakan. Produsen produk ini pasti akan memukirkan bagaimana service purna jual untuk pembelinya.
  •  Produk Otomotif baik Motor maupun Mobil. Produk ini sangat special karena harganya berbeda dengan produk lain, harganya sangat mahal sehingga pembeli tentunya akan sangat membutuhkan service purna jual karena hanya orang-orang tertentu yang bisa melakukan service terhadap produk ini.Produsen otomotif sudah menerapkan layanan purna jual karena sadar bahwa konsumen akan sangat membutuhkan layanan ini. Bisa dibayangkan kalau produk ini tidak mempunyai layanan purna jual, pasti tidak ada pembeli yang tertarik untuk membelinya.

Contoh produk diatas adalah yang membutuhkan layanan purna jual, bagaimana dengan produk yang berbentuk Jasa seperti produk Perbankan ? Sangat menarik untuk diulas bagaimana Perbankan melakukan proses penjualan produknya dan membina hubungan dengan pembelinya atau nasabahnya.  Kepercayaan adalah kata kunci hubungan antara nasabah dengan Bank. Nasabah akan membeli produk Perbankan karena sangat percaya bahwa uangnya akan aman tersimpan di Bank tersebut atau transaksi keuangannya akan berjalan lancar dikelola oleh Bank.

  Perbankan dalam menjalankan bisnisnya sangat memperhatikan layanan purna jualnya, karena membina hubungan dengan nasabah adalah proses yang wajib dilakukan karena layanan di Bank adalah layanan yang berkelanjutan. Artinya selama nasabah tersebut masih melakukan transaksi maka Bank wajib untuk melayaninya dengan sepenuh hati. Produk Perbankan adalah produk yang berhubungan dengan uang sehingga merupakan hal yang sensitive. Kondisi inilah yang bisa menciptakan kepercayaan antara Bank dengan nasabah, bagi nasabah penyimpan dana maka Bank merupakan tempat yang bisa dipercaya untuk menyimpan uangnya. Bagi Bank kepercayaan meminjamkan dana kepada nasabah peminjam / debitur merupakan bentuk kepercayaan supaya dana tersebut dapat dikelola dan dipergunakan untuk mengembankan usahanya.

  Kepercayaan pembeli / konsumen / nasabah sangat penting bagi kelangsungan usaha bagi kalangan produsen dan pengusaha baik uasaha besar maupun usaha kecil.Salah satunya adalah konsumen akan sangat membutuhkan layanan purna jual , bagi perusahaan kondisi ini sangat penting untuk diperhatikan karena bisa menciptakan kelanjutan untuk proses membina hubungan yang berkelanjutan dengan konsumennya. Ingat konsumen adalah Raja, karena merekalah yang akan membeli dan memakai produk yang anda buat !

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun