Kantor dimana kita bekerja adalah merupakan rumah kedua , dimana hampir 8 sampai 9 jam kita berada dikantor untuk bekerja bagi perusahaan. Sebagai karyawan yang bekerja tentunya ada beberapa fasilitas kantor yang digunakan oleh kita untuk menunjang kegiatan bekerja. Nah...sebagai pegawai yang bertanggung jawab maka bijaklah dalam menggunakan fasilitas kantor yang kita gunakan. Ada beberapa fasilitas yang harus bijak dalam penggunaannya antara lain :
- Penggunaan fasilitas email kantor. Bagi pegawai yang mempunyai email kantor tentunya harus memakai email ini untuk keperluan terkait pekerjaan. Jangan menggunakan email kantor untuk keperluan pribadi misalnya mengirim email ke teman-teman yang tidak sekantor. Apalagi kalau mempunyai fasilitas email yang bisa akses eksternal, maka penggunaannya harus hati-hati karena membawa nama perusahaan.
- Penggunaan Printer dan kertas Gunakan mesin printer dan kertas untuk mencetak keperluan kantor saja, kalau ada materi yang harus dicetak untuk keperluan pribadi maka cetaklah di kios fotocopy dengan biaya sendiri.
- Fasilitas kendaraan bermotor baik motor roda dua mapun mobil digunakan sesuai aturan kantor. Kalau tidak boleh dibawa pulang , jangan sekali-kali melanggar ketentuan karena resikonya sangat besar misalnya terjadi kecelakaan , atau kehilangan karena pencurian. Sebagai pemakai kendaraan bermotor maka jujurlah mengenai bahan-bakarnya, jangan sampai mark-up karena perbuatan itu sangat tercela.
- Gunakan dan pakai fasilitas listrik untuk keperluan kantor seperti PC, lampu Ruangan. Jangan untuk mengisi listrik untuk laptop pribadi, atau alat-alat pribadi yang memerlukan daya listrik.
- Fasiltas telpon digunakan untuk keperluan kantor saja, jangan pakai untuk keperluan pribadi. Kadang kita tidak sadar menggunakan telepon untuk keperluan pribadi, seperti telpon ke rumah dengan intensitas sering dan lama, telpon ke teman-teman untuk sekedar mengobrol.
- Gunakan waktu istirahat sesuai dengan waktu yang telah ditentukan oleh perusahaan. Kalau waktu istirahat 1 jam , maka istirahatlah dengan waktu maksimal 1 jam . Kita harus benar-benar menggunakan waktu istirahat dengan baik, jangan melebihkan waktu istirahat.
Marilah kita jaga perilaku untuk lebih bijak dalam menggunakan fasilitas yang telah disediakan oleh kantor, gunakan sesuai dengan aturan yang berlaku. Kita akan bekerja dengan tenang kalau tidak melanggar aturan yang telah ditetapkan.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI