Mohon tunggu...
Mohammad Raffi Sahli
Mohammad Raffi Sahli Mohon Tunggu... Guru - Guru Ekonomi

"Saya seperti arkeolog modern, menggali harta tersembunyi dalam barang-barang usang. Dari menghidupkan kembali warna-warna yang pudar hingga menjadikan retakan sebagai jejak karakter, saya adalah tukang sihir yang merestorasi masa lalu menjadi pemandangan yang memesona."

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa PPG G2 UM Metro Tingkatkan Literasi Digital Lewat Proyek Canva di MAN 1 Lampung Timur

8 Agustus 2023   15:16 Diperbarui: 8 Agustus 2023   15:22 281
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Beri Perhatian pada Literasi Digital: Mahasiswa PPG Prajabatan G2 UM Metro Laksanakan Proyek “Optimalisasi Pemanfaatan Canva sebagai Media Pembelajaran Inovatif di MAN 1 Lampung Timur”

Oleh: Mohammad Raffi Sahli

Lampung Timur, 2023 - Peningkatan zaman yang terus bergerak maju telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dunia pendidikan. Di era Abad 21 yang dinamis ini, tantangan pendidikan semakin kompleks. Generasi masa depan perlu dilengkapi dengan keterampilan dan kompetensi yang sesuai untuk beradaptasi, bersaing, dan memberikan kontribusi secara efektif. Inilah mengapa pendidikan Abad 21 memiliki tanggung jawab besar untuk menciptakan generasi yang tak hanya terpandu oleh pendidik, tetapi juga aktif berperan dalam proses pembelajaran. Dalam konteks ini, optimalisasi sumber daya belajar menjadi krusial, dan literasi digital menjadi salah satu pilar utama pendidikan modern.

Menghadapi perubahan yang cepat ini, peserta didik harus menjadi agen utama dalam proses pembelajaran. Mereka memiliki peran penting dalam mengoptimalkan berbagai sumber daya belajar, terutama dalam menghadapi kemajuan teknologi. Dalam era digital yang semakin menantang, literasi digital bukan hanya tentang menguasai teknologi, tetapi juga melibatkan keterampilan kritis dan kreatif dalam mengaplikasikannya. Pemahaman literasi digital yang kokoh akan membantu peserta didik menjadi pengguna teknologi yang cerdas, tanggap, dan mampu memanfaatkan berbagai media pembelajaran inovatif. Oleh karena itu, peningkatan literasi digital menjadi suatu keharusan mendesak untuk mempersiapkan generasi yang mampu menghadapi masa depan dengan keyakinan.

Proyek ini lahir sebagai respons terhadap kebutuhan mendesak akan literasi digital di kalangan peserta didik. Dengan meningkatkan literasi digital, mendorong kreativitas, dan menggalakkan kemandirian belajar, peserta didik akan siap menghadapi tantangan kompleks di masa depan. Pelatihan literasi digital menggunakan platform Canva diadakan di MAN 1 Lampung Timur, fokus pada pemanfaatan teknologi untuk pembelajaran yang kreatif dan interaktif. Kegiatan ini ditargetkan pada peserta didik kelas XI.1, diadakan pada Sabtu, 27 Mei 2023.

Foto Dokumentasi Peserta Didik kelas XI.1 sedang membuat slide presentasi dengan canva di HP masing-masing.

Sumber : dokumentasi pribadi
Sumber : dokumentasi pribadi

Inisiatif proyek ini berasal dari kelompok mahasiswa Program Profesi Guru Prajabatan G2 Universitas Muhammadiyah Metro yang bekerja sama dengan MAN 1 Lampung Timur. Kelompok ini terdiri dari mahasiswa yang sedang mengikuti mata kuliah Proyek Kepemimpinan II. Mereka telah merancang dan mengimplementasikan pelatihan literasi digital menggunakan platform desain grafis Canva. Dalam proyek ini, mahasiswa bertujuan untuk membantu peserta didik mengembangkan literasi digital secara kreatif dan interaktif.

Foto bersama Mahasiswa PPG Prajabatan G2 UM Metro Kelompok 2 Proyek Kepemimpinan dengan Dosen Pembimbing Proyek dan Guru MAN 1 Lampung Timur.

Sumber : dokumentasi pribadi
Sumber : dokumentasi pribadi

Peserta didik diperkenalkan dengan platform Canva yang mudah digunakan, memungkinkan mereka untuk merancang berbagai konten pembelajaran seperti presentasi, video pembelajaran, dan poster dengan mudah. Melalui pendekatan interaktif dan praktik langsung, peserta didik tidak hanya belajar menggunakan Canva, tetapi juga mampu menciptakan konten pembelajaran yang menarik dan informatif. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun