Mohammad Masykur, M.Pd.
     Manajemen pendidikan merupakan aspek penting dalam membangun sistem pendidikan yang efektif dan efisien. Dalam konteks globalisasi saat ini, penting agar kondisi pendidikan saat ini tidak hanya berfokus pada kurikulum dan pengajaran, namun juga pada pengendalian kualitas dan standar internasional. Beberapa elemen kunci  manajemen pendidikan yang berkualitas dan bagaimana elemen tersebut dapat diterapkan untuk mencapai standar internasional.
     Status pendidikan yang bermutu harus mempunyai tujuan dan sasaran jangka panjang dari status tersebut. Tujuan jangka panjang juga harus menjelaskan bagaimana status berencana untuk mencapai tujuan dan sasaran jangka panjang tersebut. Status tujuan dan sasaran jangka panjang berfungsi sebagai panduan bagi semua pemangku kepentingan, termasuk manajer, guru, dan siswa.
     Kepemimpinan yang baik adalah kunci manajemen pendidikan. Pemimpin pendidikan harus mampu menginspirasi dan memotivasi staf dan siswa. Mereka juga harus mampu mengambil keputusan yang tepat dan strategis serta  beradaptasi dengan perubahan lingkungan pendidikan global. Pelatihan kepemimpinan yang berkelanjutan sangat penting untuk memastikan bahwa para pemimpin pendidikan mampu mengatasi tantangan yang ada. Kurikulum yang berkualitas harus relevan dengan kebutuhan masyarakat dan perkembangan global.
     Departemen pendidikan harus secara teratur mengevaluasi dan memperbarui kurikulum untuk memastikan bahwa konten yang diajarkan konsisten dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu, kurikulum harus mencakup keterampilan abad ke-21 seperti berpikir kritis, kolaborasi, dan kreativitas.
     Teknologi telah menjadi bagian integral dari pendidikan modern. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran meningkatkan efektivitas pendidikan dan memfasilitasi akses luas terhadap informasi. Institusi pendidikan harus memanfaatkan teknologi untuk menciptakan lingkungan belajar yang interaktif dan menarik. Melatih guru tentang cara menggunakan teknologi juga penting untuk membantu mereka mendapatkan hasil maksimal dari perangkat mereka.
     Sistem penilaian dan evaluasi yang tepat merupakan bagian penting dalam manajemen pendidikan. Institusi pendidikan harus mempunyai mekanisme untuk mengumpulkan dan menganalisis data tentang kinerja siswa, guru, dan program pendidikan. Data dapat digunakan untuk mengidentifikasi peluang perbaikan dan  membuat keputusan pengelolaan pendidikan yang lebih baik.
     Keterlibatan seluruh pemangku kepentingan, termasuk orang tua, masyarakat dan industri, sangat penting dalam pengelolaan pendidikan yang berkualitas. Institusi pendidikan perlu membangun kemitraan yang kuat dengan berbagai pemangku kepentingan untuk mendukung proses pembelajaran. Partisipasi dapat berupa  magang, dukungan keuangan, kolaborasi penelitian, dll.
     Untuk mencapai standar internasional, kualifikasi akademik harus diakreditasi oleh badan akreditasi yang diakui secara internasional. Akreditasi tidak hanya meningkatkan reputasi status ini, tetapi juga memastikan bahwa program pendidikan yang ditawarkan memenuhi standar kualitas yang tinggi.
     Sumber daya manusia merupakan aset terpenting dalam pendidikan. Oleh karena itu, institusi perlu berinvestasi dalam pengembangan profesional fakultas mereka. Pelatihan dan pengembangan  berkelanjutan  membantu karyawan tetap relevan dan efektif dalam peran mereka.
     Manajemen pendidikan internasional yang berkualitas memerlukan pendekatan yang holistik dan terpadu. Melalui visi dan misi yang jelas, kepemimpinan yang efektif, kurikulum yang relevan, penggunaan teknologi, sistem penilaian yang baik, keterlibatan pemangku kepentingan, akreditasi dan pengembangan tenaga kerja, institusi mendukung siswa dan mengatasi tantangan global Upaya-upaya ini memastikan tidak hanya pendidikan berkualitas tinggi tetapi juga daya saing internasional.