Kemampuan berbahasa asing adalah kemampuan yang hendaknya dimiliki setiap orang. Lazimnya pada masyarakat modern. Dengan kemampuan itulah setiap orang bisa hidup di berbagai belahan bumi yang luas ini.Â
Hal ini sesuai dengan yang dikatakan Ustadz Makki Hasan, Ketua MGMP Bahasa Arab Se Indonesia bahwa untuk hidup di dunia setiap orang minimal memiliki kemampuan dwibahasa. Kemampuan dwibahasa adalah kemampuan menguasai dua bahasa. Bahasanya sendiri sebagai bahasa nasional dan bahasa asing sebagai bahasa internasional.
Bahasa nasional digunakan sebagai alat pemersatu bangsa. Dengan bahasa nasional manusia bisa berkomunikasi dengan setiap orang yang ada di negaranya. Selain itu ada bahasa internasional, yaitu bahasa yang digunakan untuk menjalin komunikasi dan relasi dengan berbagai bangsa di berbagai belahan dunia.
Untuk itu pembelajaran bahasa Asing di berbagai belahan dunia terus dikembangkan, termasuk di Indonesia. Berbagai kreasi dan inovasi terus dikembangkan agar pembelajaran bahasa asing bisa berbuah baik.Â
Di Indonesia sendiri sudah mengembangkan bahasa asing seperti bahasa Inggris dan bahasa Arab. Bahkan belum lama ini bahasa mandarin mulai dikembangkan di berbagai institusi pendidikan.
Dalam pembelajaran bahasa asing hendaknya membidik dua hal yaitu pengetahuan bahasa dan keterampilan bahasa. Seperti pembelajaran bahasa Arab, Â di berbagai institusi pendidikan sudah berusaha membidik dua hal tersebut.Â
Meski belum sepenuhnya sempurna. Ada beberapa factor yang menyebabkan penguasaan dua hal ini belum sempurna, salah satunya siswa kurang semangat mengikuti pembelajaran bahasa Arab. terlebih jika masuk pada bab tata bahasa.
Bahasa Arab sendiri adalah bahasa yang kaya akan aturan tata bahasa. Setiap harakat memiliki makna dan mempunyai kedudukan sendiri. Dalam pemberian harakat terdapat rambu-rambu yang harus diperhatikan. Karena rambu-rambu itu berimbas pada arti dan makna. Para siswa harus tetap
Untuk itu semangat mereka perlu dipancing supaya mereka mengikuti pembelajaran tanpa beban. Berbagai metode dan strategi telah dicoba, salah satunya metode tebak tepat jawaban.Â
Tebak tepat jawaban ini merupakan salah satu permainan bahasa yang bisa memancing semangat belajar. Permainan ini bisa digunakan untuk menyelasaikan soal dalam jumlah yang banyak atau meningkatkan penguasaan mufrodat.
Dalam permainan tebak tepat jawaban ini, guru bisa mencari soal di buku atau membuat soal sendiri serta membuat jawabannya. Jawaban setiap soal ditulis dalam kertas kecil tanpa nomor dan diacak. Setelah soal ditampilkan, siswa diinstruksikan untuk mencari jawaban yang sesuai dengan soal yang dipilih. Siswa yang berhasil akan mendapat reward dari guru.