Mohon tunggu...
Mohammad Sulthan Faiq Fadhaail
Mohammad Sulthan Faiq Fadhaail Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya mahasiswa IPB University fakultas Sekolah Vokasi dengan progra studi Komunikasi Digital dan Media, Sekarang saya sedang menempuh di semester 3, alasan saya masuk pogram studi Komunikasi Digital dan Media karena saya suka dengan dunia digital

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peran Tiktok Shop dalam Membentuk Tren Konsumsi Digital

29 September 2024   12:37 Diperbarui: 29 September 2024   12:45 81
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Tiktok merupakan platform atau aplikasi yang mewadahi para konten kreator untuk berkreasi sesuai apa yang dipikirkan oleh konten kreator yang dikemas dalam bentuk video kreatif dan informatif. Setelah para konten kreator mambagikan video yang sudah dikemas secara baik dan menarik, para pengguna Tiktok lainnya pasti akan melihat video tersebut. Selain itu, pengguna tiktok juga dapat memberikan like, Commment & Share, dimana itu membuat pemilik video mendapatkan rating serta penghasilan dari Tiktok nya itu sendiri.

Tiktok juga sangat di gemari oleh para penggunanya terutama oleh kaum Gen Z, karena dapat memproduksi video yang sedang trend dan dapat ditirukan kembali oleh para pengguna lainnya. Namun, pengguna hanya bisa membuat video dengan durasi 60 detik atau yang setara dengan 1 menit.

Selain bisa memproduksi dan membagikan video, tiktok juga memiliki fitur terbarunya, yaitu Tiktok Shop. Dalam Tiktok Shop, pengguna dapat menjual atau membeli barang yang mereka inginkan tanpa Marketplace.Dalam Tiktok Shop memiliki beberapa fitur yang dapat kita gunakan, diantaranya yaitu Fitur Influencer dimana pengguna tiktok shop dapat dengan mudah dan cepat menemukan barang yang direkomendasikan oleh para influencer dan dapat langsung membeli nya dari halaman Tiktok. 

Fitur Live Shopping, merupakan fitur yang memudahkan pengguna untuk membeli barang, dengan adanya fitur ini pengguna dapat langsung mengajukan pertanyaan dan membeli produk melalui siaran langsung. Fitur Opsi Pembayaran, Tiktok Shop juga menyediakan fitur pembayaran yang lebih aman, mudah, dan cepat, dimana pengguna dapat langsung membayar di halaman Tiktok Shop menggunakan berbagai metode pembayaran. Fitur Voucher, merupakan fitur yang memberikan potongan harga atau ongkos kirim kepada pengguna.

Untuk mengetahui strategi dalam menggunakan Tiktok Shop itu ada berbagai cara, diantarannya menggunakan iklan Tiktok atau Tiktok ads untuk menjangkau para audiens yang lebih besar. Melakukan live streaming agar audiens lebih tertarik dengan barang yang di lihatkan secara langsung namun dengan metode virtual. 

Berkolaborasi dengan beberapa influencer agar nantinya produk kalian akan di rekomendasikan oleh para influencer kepada audiens. Berinteraksi dangan para audiens juga merupakan bentuk strategi dalam Tiktok Shop karena dapat meningkatkan keyakinan audiens untuk membeli.

Dengan adanya tiktok shop juga dapat mempengaruhi beberapa perilaku konsumen diantaranya, dapat membentuk perilaku konsumif terutama bagi remaja, biasanya remaja sering berbelanja tanpa memikirkan apa yang ia butuhkan. Membuat konsumen tertarik dengan berbelanja online. dengan adanya Tiktok Shop memudahkan konsumen berbelanja tanpa harus mengeluarkan tenaga dan ongkos yang mahal untuk mencari produk yang mereka inginkan.

Di sisi lain Tiktok Shop juga menimbulkan dampak perilaku konsumen, dampak positif terhadap perilaku konsumen diantaranya, konsumen dapat menjelajahi atau mencari barang yang ia inginkan tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak dan juga tenaga. Konsumen juga dapat menjelajahi ataupun mencari barang lokal maupun internasional dengan mudah dan harga terjangkau. Untuk dampak negatif tersendiri diantaranya, konsumen tidak dapat melihat produk yang mereka inginkan secara langsung, akibatnya konsumen akan merasa menyesal apabila produk tidak sesuai dengan gambar ataupun iklan. 

Tiktok Shop juga dapat mempengaruhi perilaku konsumtif terutama bagi para remaja. Konsumen   menjadi   lebih   sensitif   terhadap harga, Tiktok Shop memudahkan konsumen membandingkan harga dan menemukan penawaran terbaik. Konsumen juga akan tergoda membeli produk berdasarkan promosi tanpa menyadari risiko yang akan terjadi. 

Data pribadi konsumen berpotensi disalahgunakan. Tiktok memiliki akses ke banyak data pribadi pengguna mereka, yang dapat digunakan untuk mengarahkan iklan yang tidak diinginkan atau penipuan. Konsumen lebih suka memilih barang impor dimana itu membuat produk lokal akan tersaingi dengan adanya Tiktok Shop.

Tiktok Shop telah memengaruhi perilaku belanja konsumen secara signifikan. Platform ini mengintegrasikan elemen hiburan dan interaksi sosial dengan fitur belanja yang memudahkan pengguna untuk menemukan dan membeli produk secara langsung melalui video pendek. Pengaruh ini terlihat dari meningkatnya keterlibatan konsumen dengan konten belanja, penurunan batasan geografis dan waktu dalam berbelanja, serta meningkatnya impulsivitas dalam keputusan pembelian.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun