Kenapa Usaha Harus Punya Pembukuan?
Bisnis, sekecil apapun skalanya, tetaplah sebuah perusahaan yang harus dikelola sebaik mungkin. Membuat pembukuan usaha sederhana adalah langkah pertama dan terpenting untuk mengelola keuangan bisnis dengan baik. Sekarang, bayangkan kalau kita tidak mencatat pengeluaran, keuntungan, bahkan kerugian dalam usaha kita. Bisa bangkrut, bukan? Tapi, bagaimana cara membuat pembukuan sederhana untuk usaha kita? Berikut 10 langkahnya.
 10 Langkah Mudah Membuat Pembukuan Usaha Sederhana
1. Pahami Jenis Usaha dan Struktur Bisnis
Pahami jenis usaha kita: apa produk yang ditawarkan? Pahami juga struktur bisnisnya (individu, firma, atau badan hukum), karena akan berpengaruh pada pembukuan dan pelaporan pajak.
2. Buat Rencana Akuntansi Sederhana
Pertama, kita tentukan metode akuntansi yang akan digunakan, yaitu kas atau akrual. Akuntansi kas lebih sederhana, tapi akuntansi akrual lebih bisa menggambarkan kondisi utang dan piutang. Buat juga rencana akuntansi sederhana untuk mencatat pendapatan, biaya, dan keuangan lainnya.
3. Buat Daftar Akun
Tentukan jenis akun yang diperlukan, seperti akun bank, pendapatan, biaya, aset, dan kewajiban. Lalu, beri nomor pada setiap akun untuk mempermudah pencatatan di jurnal.
4. Membuat Buku Besar:
Buat buku besar dengan mencatat saldo awal setiap akun. Pastikan saldo debet dan kredit seimbang.
5. Catat Transaksi Harian