Mohon tunggu...
Mohamad Ramdhani
Mohamad Ramdhani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Tenaga Kependidikan Universitas Paramadina / Mahasiswa Pasca Sarjana Universitas Paramadina

Sepak Bola & Hiking

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Peran Chatbot Dalam Melakukan Strategi Komunikasi Pemasaran Di Era Digital

17 April 2023   10:01 Diperbarui: 17 April 2023   10:22 328
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber : dotnextdigital.com

Perkembangan teknologi informasi sangat mempengaruhi salah satunya di bidang komunikasi pemasaran. Khususnya  ketika telah banyak munculnya media-media baru yang berbasis pada internet dan mudah digunakan untuk menjalin interaksi dengan orang lain dalam jarak jauh sekalipun. Melalui internet, semua informasi dapat diakses dengan mudah oleh siapapun dan kapanpun atau bisa dibilang jarak sudah lagi tidak mempengaruhi seseorang dalam mendapatkan informasi.

Laporan hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pengguna internet di Indonesia mencapai 215,63 juta orang pada periode 2022-2023. Ini berarti terjadi peningkatan sekitar 2,67% dibandingkan pada periode sebelumnya yang sebanyak 210,03 juta pengguna internet di Indonesia.

Sumber: https://indonesiabaik.id/infografis/pengguna-internet-di-indonesia-makin-tinggi
Sumber: https://indonesiabaik.id/infografis/pengguna-internet-di-indonesia-makin-tinggi

Computer mediated communication (CMC) adalah istilah yang digunakan untuk melakukan komunikasi antar dua orang atau lebih yang dapat saling berinteraksi dengan menggunakan sebuah media komputer pada situasi tertentu untuk berbagai macam tujuan. Pada komunikasi pemasaran dewasa ini sudah masuk ke era komunikasi pemasaran digital.

Komunikasi pemasaran dapat diartikan adalah sarana dimana perusahaan berusaha untuk memberikan informasi atau melakukan kegiatan persuasi konsumen secara langsung maupun tidak langsung. Sedangkan Pemasaran digital merupakan kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh suatu perusahaan untuk menjangkau target marketnya dengan memanfaatkan media digital seperti chatbot.

Chatbot merupakan suatu program kecerdasan buatan/ artificial intelligence (AI) dan model interaksi manusia menggunakan media komputer dan memiliki kemampuan berkomunikasi seperti manusia. Melalui kecerdasan buatan, chatbot dapat menjadi asisten pribadi atau customer service 24 jam yang mampu menyediakan berbagai macam layanan dan informasi sesuai dengan informasi yang ditentukan.

Berdasarkan data survei Google Trends, saat ini tren chatbot sangat berkembang dengan pesat selama periode satu dekade 2010-2020, dari data yang didapat tren tersebut menunjukan peningkatan yang signifikan

Sumber: https://trends.google.com/trends/explore?date=2010-01-01%202020-12-31&geo=ID&q=chatbot
Sumber: https://trends.google.com/trends/explore?date=2010-01-01%202020-12-31&geo=ID&q=chatbot

Menyesuaikan dengan perkembangan teknologi, dan persaingan yang ketat pada era digital dan informasi yang mudah didapat salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk memberikan pelayanan yang cepat dan tepat dengan memanfaatkan teknologi yang dapat membantu tim pemasaran untuk merespon dan memberikan informasi terkait perusahaan, chatbot menjadi salah satu alternatif yang dapat menjawab permasalahan kendala respon khususnya di hari libur dan malam hari.

Chatbot yang dapat dikoneksikan dengan aplikasi WhatsApp, akan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh customer sesuai dengan pengetahuan yang telah diberikan sebelumnya. Respon yang diberikan oleh chatbot tergantung dari kata kunci yang diinputkan, chatbot akan membalas kata kunci dengan pola yang paling mirip dari basis data tekstual

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun