Mohon tunggu...
Mohamad Ramadhan Argakoesoemah
Mohamad Ramadhan Argakoesoemah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Program Studi Magister Manajemen STIE Indonesia Banking School

Mahasiswa Program Studi Magister Manajemen STIE Indonesia Banking School

Selanjutnya

Tutup

Financial

Digital Marketing yang Diterapkan Allo Bank Indonesia Sehingga Menjadi Bank Digital yang Mampu Mendapatkan Laba

20 Februari 2024   18:44 Diperbarui: 20 Februari 2024   18:48 679
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Untuk mendukung pengembangan bisnis di masa mendatang, Allo Bank memosisikan diri menjadi bank digital yang memasarkan produk dan layanan secara daring dengan jumlah kantor cabang yang terbatas. Allo Bank membuka kantor fungsional yang berfungsi sebagai pusat layanan pelanggan. Selain itu, Allo Bank juga terus menerus memperkuat sinergi dengan entitas di dalam CT Corpora dan mitra strategis lainnya dalam mengembangkan hybrid physical dan digital (phygital) ekosistem yang diharapkan mampu meningkatkan bisnis Allo Bank. Dalam menjawab perubahan model bisnis Bank menjadi bank digital, penerbitan produk/layanan baru berbasis digital yang diluncurkan Allo Bank sejak tahun 2022.

Allo Bank meluncurkan produk dan layanan Digital Bank. Allo Bank menerbitkan digital E-money, uang elektronik server based, baik registered dan unregistered yang dapat digunakan oleh nasabah sebagai instrumen pembayaran/pembelian yang juga terhubung dengan GPN dan QRIS. Allo Bank menghadirkan produk tabungan sebagai produk simpanan berbasis digital yang memberi manfaat kepada nasabah dengan fitur dan transaksi yang bersifat mudah, cepat dan aman yang terhubung GPN dan QRIS. Deposito selaku simpanan berjangka Allo Bank memiliki kemudahan penempatan dana dari tabungan secara online. 

Paylater, sebagai produk pinjaman non tunai bagi nasabah yang melakukan transaksi pembelanjaan retail melalui QRIS maupun digital payment lainnya. Instant Cash, sebagai layanan kredit tunai perorangan tanpa jaminan yang ditawarkan kepada nasabah yang membutuhkan. Allo Bank menjadi penyelenggara dan pendukung jasa sistem pembayaran dalam layanan sebagai acquiring bank. Allo Bank meluncurkan Digital Mobile Apps, aplikasi yang akan digunakan sebagai kanal elektronik oleh nasabah dalam memanfaatkan produk/fitur/layanan digital yang ditawarkan oleh Allo Bank.

Allo Bank menyediakan Membership, Poin, dan Coupon sebagai platform loyalty, yang dapat dimanfaatkan oleh Bank maupun perusahaan-perusahaan di lingkungan CT Corp atau strategic partner lainnya. Allo Bank menjadi penyedia jasa TI dalam pengelolaan Membership, Poin dan Coupon. Dalam mengembangkan ekosistem digital, Allo Bank melakukan kerja sama dengan mitra sebagai media pemasaran dan penyedia jasa sistem pembayaran untuk produk-produk digital. 

Kerja sama dengan aggregator seperti tiket, asuransi, multi finance, pinjaman, telepon, TV, internet, e-commerce, utilitas dan lain-lain untuk memberikan layanan pembayaran dan pembelian dari biller. Pengembangan kerja sama dengan mitra strategis untuk menambah sarana layanan isi ulang uang elektronik. Allo Bank menyelenggarakan pembukaan uang elektronik, rekening maupun fasilitas kredit secara digital. Selain itu, penerapan E-KYC, yang merupakan bagian dari layanan pembukaan rekening dan/atau pengajuan kredit secara online dengan bekerja sama dengan pihak ketiga.

Allo Bank mengembangkan fasilitas layanan customer experience dan perlindungan nasabah, dengan menyediakan sarana chatting platform dan membentuk unit kerja Contact Center yang akan melayani pengaduan nasabah dan layanan lainnya. Allo Bank ikut serta dalam layanan BI-Fast, infrastruktur Sistem Pembayaran ritel nasional yang dapat memfasilitasi pembayaran ritel secara real-time, aman, efisien, dan tersedia setiap saat. Allo Bank menjadi penyelenggara pemrosesan transaksi pembayaran dengan menggunakan QRIS, standardisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya. 

Allo Bank mengembangkan layanan tarik tunai tanpa kartu yang dapat dilakukan oleh nasabah dari Digital Mobile Apps dan mengambil uang tunainya di seluruh ATM dan merchant yang telah bekerja sama. Pengembangan Digital Marketing Allo Bank bekerja sama dengan berbagai platform digital pada business unit di dalam CT Corp maupun pihak ketiga untuk memasarkan produk. Allo Bank juga memanfaatkan teknologi big data untuk melakukan data analytic untuk mendukung proses pemasaran, analisis risiko dan analisis perilaku nasabah.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun