Rencana Aksi Nyata
1. Apakah strategi pengembangan keterampilan literasi yang ingin Anda terapkan di ruang kelas Anda kelak? Mengapa?
a. Â Membina minat baca peserta didik
Saya akan membina minat baca peserta didik dengan menyediakan berbagai jenis buku yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan mereka. Kegiatan seperti membaca bersama, sesi bercerita, dan lomba membaca akan dapat membantu meningkatkan keterampilan literasi.
Cara membina minat baca juga dapat dilakukan dengan membuat sudut baca yang menyediakan berbagai jenis bahan bacaan. Karena dengan banyaknya bahan bacaan yang tersedia di ruang kelas, peserta didik memiliki banyak sumber bacaan untuk memperluas pengetahuan sehingga dapat mengembangkan keterampilan literasi peserta didik.
b. Â Menggunakan teknologi dalam pembelajaran
Saya akan menggunakan teknologi dalam pembelajaran untuk meningkatkan literasi. Karena dengan menggunakan teknologi dalam pembelajaran, khususnya dengan penggunaan internet peserta didik akan lebih banyak mendapatkan sumber bacaan lebih variatif sehingga akan meningkatkan motivasi belajar dan dapat memperluas pengetahuan serta wawasan peserta didik untuk meningkatkan keterampilan literasi mereka.
2. Â Bagaimana Anda mempersiapkan diri untuk menjawab tantangan dalam penerapan strategi keterampilan literasi sesuai profil peserta didik dan konteks sosial budaya peserta didik Anda?
Cara saya mempersiapkan diri untuk menjawab tantangan dalam penerapan strategi keterampilan literasi sesuai profil peserta didik dan konteks sosial budaya peserta didik pertama adalah memulai dari diri sendiri dengan terus belajar dan menambah wawasan agar keterampilan literasi saya terus meningkat.
Selain itu persiapan yang saya lakukan terhadap peserta didik yaitu :
- Memperkenalkan kebiasaan membaca sejak dini
- Mengintegrasikan literasi budaya dan kewargaan dalam pembelajaran
- Memfasilitasi kebutuhan unik setiap individu
- membuat diskusi kelas agar peserta didik dapat menyampaikan ide untuk meningkatkan pemahaman materi bacaan
- memberikan umpan balik yang konstruktif atas capaian peserta didik
- Membuat lingkungan belajar yang kondusif sesuai dengan kebutuhan peserta didik
- Menggunakan teknologi dalam pembelajaran.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H