Salah satu peran guru di sekolah adalah sebagai inspirator, pemberi inspirasi. Peran ini tentu sebuah tuntutan secara profesional. Oleh karenanya, setiap guru merupakan inspirator di kelasnya masing-masing.
Harus diakui bahwa tidak semua guru dapat menempatkan diri sebagai inspirator secara utuh di kelasnya. Namun demikian, selalu ada guru di setiap sekolah yang mampu memberikan inspirasi, guru yang menjadi idola bagi siswa dan sesama guru. Guru inspiratif memiliki semacam keistimewaan tersendiri yang tidak dimiliki guru secara umum. Bagaimana pribadi guru yang inspiratif?
Guru inspiratif mampu mendorong siswanya mencapai potensi terbaik mereka dan mengembangkan kompetensi pengetahuan dan sikap. Guru inspiratif memiliki kompetensi dimana dia terampil menghubungkan pelajaran yang diajarkan dengan kehidupan sehari-hari siswa, menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, sehingga siswa merasa lebih tertarik dan terlibat lebih aktif dalam pembelajaran. Selain itu, guru inspiratif mampu menciptakan suasana belajar yang menumbuhkan rasa nyaman dan rasa percaya diri siswa dalam proses pembelajaran. Guru inspiratif adalah seorang guru yang dapat membangun motivasi dan menumbuhkan ilham yang membentuk daya kreatif kepada siswa-siswanya dalam proses pembelajaran.
Guru inspiratif juga senang berbagi kepada rekan guru tentang praktik positif yang dilakukannya. Seorang guru inspiratif biasanya menjadi tempat bertanya guru-guru yang lain dan sering berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait.
Guru inspiratif memiliki ciri-ciri sebagai panutan dan contoh yang baik bagi siswa-siswanya. Mereka mampu memperlihatkan dedikasi dan komitmen yang tinggi terhadap profesi mereka, serta memiliki kemampuan untuk menghadapi tantangan dan kesulitan dengan sikap yang positif dan solutif. Dengan begitu, siswa-siswa dapat belajar dari guru inspiratif tentang bagaimana menjadi pribadi yang sukses dan inspiratif juga di masa depan mereka.
Guru inspiratif yang sesungguhnya adalah guru yang dapat memberikan kepuasan belajar kepada siswa mereka. Guru inspiratif tidak selalu harus menjadi pemenang lomba. Kemenangan mereka adalah ketika dapat memenangkan hati dan perhatian siswanya. Biasanya guru seperti ini menjadi sumber rujukan karena mampu mengerucutkan perhatian siswa kepada dirinya dalam hal-hal positif.
Saya sendiri belum dapat memberikan inspirasi secara maksimal kepada banyak orang. Sejak diberikan saya menerima kepercayaan sebagai kepala sekolah mulai pertengahan tahun 2019 di SDN 1 Embung Kandong, Lombok Timur. Memimpin sekolah dengan tanggung jawab sebagai sekolah penggerak sejak tahun 2020, saya belum merasa memiliki sesuatu yang patut untuk dipublikasikan kepada orang lain.
Namun demikian, dalam penilaian saya, ada satu guru di sekolah saya yang memiliki jiwa inspirator. Namanya Lalu Akhmad Tamlihan, S.Pd. Dia tergolong masih sangat belia. Dengan kelahiran tahun 1992, Lalu Tamlihan telah menjelma menjadi guru yang memberikan inspirasi, setidaknya, di lingkungan internal sekolah.
Berikut ini saya mencatat beberapa keterampilan dan kelebihan Lalu Akhmad Tamlihan yang saya ketahui serta memberikan kontribusi yang cukup penting dalam rangka pengembangan sekolah.
Seni Musik Gendang Beleq
Laki-laki yang memiliki dua orang putra ini memiliki bakat cukup istimewa di bidang seni. Beberapa keahlian seni yang dimilikinya yaitu, keterampilan memainkan alat musik tradisional gendang beleq, seni musik khas suku Sasak. Pak Tamlihan, saya menyapanya, dapat memainkan seruling dengan sangat mahir. Seruling dalam gendang beleq merupakan alat musik yang menempati posisi sentral.