Mohon tunggu...
MOHAMAD SIROJULMUNIR
MOHAMAD SIROJULMUNIR Mohon Tunggu... Programmer - Mahasiswa

Interested in technology, data and AI

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Mengenalkan Dunia Teknologi dan Pentingnya Keamanan Digital sebagai Implementasi KKN Rekognisi MBKM

31 Juli 2023   14:45 Diperbarui: 31 Juli 2023   14:59 67
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pesantren Mahasiswa Ar-Rahman/dokpri

Sebagai seorang mahasiswa Jurusan Akuntansi di Universitas Islam Malang, saya, Mohamad Sirojul Munir, telah mengambil bagian dalam program MBKM Studi Independen Backend Engineering di Ruangguru. Setelah menyelesaikan program ini, saya merasa bersemangat untuk berbagi pengetahuan dan keterampilan yang saya peroleh dengan masyarakat. Saya memutuskan untuk melakukan implementasi di Pesantren Mahasiswa Ar-Rahman Lowokwaru, Kota Malang.

Pentingnya pemahaman teknologi, khususnya coding dan pembuatan website, dalam mengikuti perkembangan zaman, membuat saya yakin bahwa membantu para mahasantri mengenali dunia teknologi adalah langkah yang tepat. Namun, dalam menghadapi era modern yang penuh dengan perkembangan teknologi, keamanan digital juga menjadi hal yang sangat penting. Oleh karena itu, saya juga memutuskan untuk memperkenalkan konsep cyber crime dan bagaimana para mahasantri dapat lebih waspada dan berhati-hati dalam menggunakan internet.

Pembelajaran Coding dan pengenalan Cyber Crime/dokpri
Pembelajaran Coding dan pengenalan Cyber Crime/dokpri

Di Pesantren Mahasiswa Ar-Rahman Malang, saya dengan antusias menyampaikan materi tentang dasar-dasar pemrograman, bahasa pemrograman, dan pengenalan teknologi AI. Selain itu, saya juga memberikan panduan praktis dalam mengembangkan aplikasi web. Saya melihat begitu banyak potensi di antara para mahasantri, dan saya ingin memberi mereka kesempatan untuk mengenal dunia teknologi yang semakin berkembang pesat.

Namun, saya sadar bahwa mengenalkan dunia teknologi tidak akan lengkap tanpa membahas keamanan digital. Oleh karena itu, saya juga memberikan sesi khusus mengenai cyber crime dan potensi ancaman keamanan digital yang dapat terjadi dalam penggunaan internet. Saya menjelaskan tentang berbagai jenis kejahatan di dunia maya, seperti phishing, hacking, cyberbullying, dan penipuan online. Saya ingin para mahasantri memahami bahwa sementara teknologi memberikan banyak manfaat, tetapi kita juga harus berhati-hati dan bijaksana dalam berinteraksi di dunia maya.

Tantangan terbesar yang saya hadapi adalah ketika mengenalkan konsep coding dan cyber crime kepada para mahasantri yang mayoritas berasal dari latar belakang yang tidak memiliki pengalaman dalam dunia teknologi. Namun, saya tetap bersemangat dan penuh kesabaran dalam mengajarkan setiap langkah dan konsep dasar coding dan cyber crime. Saya sadar bahwa memahami coding dan cyber crime bukanlah hal mudah bagi pemula, tetapi saya yakin bahwa ketekunan akan membuahkan hasil yang berharga.

Saya berbagi contoh kasus nyata yang telah terjadi di dunia nyata untuk membantu para mahasantri memahami betapa seriusnya dampak dari kejahatan cyber. Saya juga memberikan tips dan langkah-langkah pencegahan yang praktis, seperti cara membuat password yang kuat dan mengenali situs web yang aman. Saya ingin para mahasiswa merasa lebih percaya diri dalam menghadapi tantangan di dunia maya dan dapat berkontribusi untuk menciptakan lingkungan digital yang lebih aman dan bertanggung jawab.

Melalui sesi pengenalan teknologi dan keamanan digital ini, saya berharap para mahasantri dapat membawa pengetahuan dan keterampilan yang mereka peroleh untuk memperkuat diri mereka dalam menghadapi perkembangan teknologi di masa depan. Saya percaya bahwa setiap dari mereka memiliki potensi untuk menjadi inovator dan agen perubahan yang positif di era digital ini.

Dokumentasi pribadi bersama Mahasantri
Dokumentasi pribadi bersama Mahasantri
Pengalaman mengimplementasikan program MBKM Studi Independen Backend Engineering di Pesantren Mahasiswa Ar-Rahman telah memberi saya kepuasan batin yang mendalam. Saya merasa terpanggil untuk terus berkontribusi dalam pendidikan dan pengembangan masyarakat, terutama dalam bidang teknologi yang semakin penting dalam kehidupan kita saat ini.

Saya berharap, kegiatan pengenalan teknologi dan pentingnya keamanan digital yang saya lakukan dapat membawa manfaat bagi para mahasantri di Pesantren Mahasiswa Ar-Rahman. Semoga pengetahuan ini dapat membuka cakrawala baru bagi mereka dan membantu mereka dalam mencapai cita-cita dan menghadapi tantangan masa depan yang semakin kompleks.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun