Pendidikan dasar di Madrasah Ibtidaiyah adalah tahap penting dalam perkembangan siswa, di mana siswa terlibat dalam proses pembelajaran yang berfokus pada pengembangan kemampuan kognitif, fisik, emosional, dan sosial mereka. Salah satu teori yang penting dalam pendidikan adalah teori Multiple Intelligences atau multiple intelegensi.
Menurut teori ini, setiap individu memiliki lebih dari satu jenis kecerdasan, dan setiap orang memiliki kombinasi yang unik. Ada delapan jenis kecerdasan yang dijelaskan oleh Howard Gardner dalam teorinya, yaitu:
Kecerdasan Linguistik-verbal
Kecerdasan Logis-matematis
Kecerdasan Visual-Ruang
Kecerdasan Musikal
Kecerdasan Kinestetik-Tubuh
Kecerdasan Interpersonal
Kecerdasan Intrapersonal
Kecerdasan Naturalis
Dalam konteks pendidikan dasar di Madrasah Ibtidaiyah, teori ini dapat membantu guru memahami dan mengembangkan potensi siswa secara optimal. Guru dapat menggunakan pendekatan pembelajaran yang berbeda untuk memfasilitasi berbagai jenis kecerdasan, sehingga dapat memenuhi kebutuhan belajar siswa dengan lebih efektif.