Mari kita bahas masalah ini lebih lanjut dan pikirkan tentang sebuah promosi jabatan anda berikutnya ya. Mari kita berasumsi bahwa anda telah bekerja dengan baik dengan dibekali beberapa kemampuan yang profesional dalam segala hal, sehingga hal itu membantu anda dalam sebuah percepatan promosi anda ke jabatan yang lebih tinggi dan sangat penting. Â Skenarionya seperti ini:
Atasan anda datang ke meja anda dan mengucapkan "Selamat. Kini saatnya promosi anda berikutnya, promosi yang sangat penting!" jelas kabar ini sangat bagus. Kenyataanya, ternyata kabar ini lebih dari sekedar bagus karena promosi anda lebih tinggi dari ekspektasi yang selama ini anda inginkan. Sekarang anda akan memimpin satu organisasi atau kelompok yang sudah sukses, dalam bidang yang menantang dan sedang berkembang. Inilah mimpi anda yang menajadi kenyataan.
Namun, benarkah skenario demikian benar adanya dalam sebuah organiasasi atau perusahaan? Tentu saja sangat banyak, namun posisi ini akan sama dengan posisi anda saat ini? Bisa iya bisa tidak! Kenapa bisa demikian.? Mari kita juga lihat seberapa jauh potensi yang anda miliki dan kemampuan apa yang mau anda pertaruhkan.
Kita tahu dalam sebuah organisasi kita dituntut untuk menjadi seseorang yang memang bisa diandalkan dan sesuai kapasitas dari apa yang kamu miliki, sehinga tidak heran jika di organisasi manapun tahapan awal dari seorang calon anggota baru (karyawan) harus melalui tahapan seleksi ataupun tes kemampuan yang nantinya akan menentukan klasifikasi dimana kamu akan ditempatkan dan dimana kamu akan di bentuk dan dijadikan seorang yang memang bisa di andalkan. Karena memang orang-orang sukses dalam kariernya memiliki kualitas tertentu yang tidak dimiliki oleh orang lain.
Dalam perjalanan berkarier, terdapat skill yang harus dimiliki dan terus dikembangkan untuk mendukung kinerja. Seperti kemampuan berbahasa asing, kemampuan menulis, public speaking, critical thinking, menggunakan internet serta social media dan lain sebagainya. Selain itu terdapat beberapa cara yang akan memberikan anda kesempatan mendapat promosi lebih cepat, yaitu sebuah kepercayaan (trust) dari seoarang atasan. Jika sesama karyawan dan pimpinan saling berekspektasi positif, kepercayaan setiap jajaran akan tercipta dengan sendirinya. Kepercayaan antar jajaran berdampak pada karyawan-karyawan yang handal, loyal dan percaya kepada perusahaan.
Kembali ke persoalan diatas dan sudah sama-sama kita pikirkan. Bahwa karier gemilang anda tidak semerta-merta datang begitu saja atau dengan mengandalkan orang dalam semata. Jadi, bisa kita lihat proses dan apa saja yang perlu disiapkan dalam melejitnya suatu kerier dalam dunia kerja
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H