Dalam melaksanakan program bimbingan disekolah terdapat berbagai komponen, salah satu komponennya adalah evaluasi program merupakan suatu usaha menilai efesiensi dan efektifitas dar layanan bimbingan konseling disekolah dan kegiatan-kegiatan dalam rangka program bimbingan dan konseling ang dikelola oleh staff bimbingan pada umumnya.Â
Program bimbingan dan konseling direncanakan dan dilaksanakan untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu yakni untuk mengetahui jenis-jenis layanan bimbingan dan konseling, apakah sudah atau belum diberikan kepada siswa disekolah, mengetahui efektifitas layanan ang diberikan itu dalam fungsinya untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan semua individu disekolah dan untuk mengetahui dalam bagian-bagian manakah dari program bimbingan dan konseling yang pelu diadakan perbaikan.
Kemudian, untuk mengungkapkan tujuan yang telah dipaparkan diatas perlu adanya kejelasan tentang-tentang aspek-aspek apa saja yang perlu dievaluasi, berikut akan diuraikan beberapa aspeknya:
Evaluasi Peserta didik
Pemahaman mengenai peserta didik perlu dilakukan sedini mungkin. Evaluasi jenis ini dimulai dari layanan pemgumpulan data pada saat peserta didik di terima disekolah bersangkutan, kemudian data yang dapat dikum[ulkan dari peserta didik dapat berupa: Bakat, minat, kepribadian, riwayat hidup, prestasi belajar, dan kebiasaan belajar, itu semua merupakan jenis pengumpulan data pada peserta didik.
Evaluasi Program
Dapat kita simpulkan bahwa program Bimbingan dan konseling disekolah terdapat beberapa kegiatan pelayanan. Sejalan dengan pendapat "Koestoer Partowisastro" pelayanan bimbingan dan konseling terdiri atas:
Pelayanan kepada peserta didik
Pelayanan kepada guru
Pelayanan kepada kepala sekolah
Pelayanan kepada Orang tua peserta didik