Assalamu'alikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Pada mata kuliah Perspektif Sosiokultural Dalam Pendidikan saya memperoleh pemahaman baru tentang  Isu-Isu Dalam Pembelajaran Melalui Perspektif Sosial, Budaya, Ekonomi, dan Politik.Â
Perlu dikatahui bahwa pendidikan pada dasarnya tidak bisa terlepas dari pengaruh sosial, kultural, ekonomi, dan politik, sehingga diperlukan peran guru dalam dalam mengkrtisi isu isu pendidikan  dalam proses pembelajaran dan memandang pendidikan sebagai hak kesetaraan bukan sebagai hak istimewa bagi individu tertentu.
Berikut hasil refleksi setelah mempelajari topik 3 Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan:
1. Mulai Dari Diri
Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?
Sebelum saya mempelajari topik 3 ini, saya hanya terpikirkan akan mempelajari mengenai permasalahan sosial dan budaya di Indonesia terkait dengan pendidikan, tapi setelah saya mulai masuk ke pembahasan materi, saya mulai memahami pentingnya bagi guru untuk bisa merespon isu-isu pendidikan yang ada di Indonesia melalui pemahaman perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik.
2. Eksplorasi Konsep
Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?
Setelah saya mempelajari konsep ini, saya dapat memahami bahwa pendidikan pada dasarnya tidak bisa terlepas dari pengaruh sosial, kultural, ekonomi, dan politik. Khususnya di Indonesia dengan keragaman masyarakat yang multikultural, sehingga menjadi tantangan bagi guru dalam merespon isu-isu yang muncul terkait dengan pendidikan.Â
Guru sebagai pendidik dituntut kritis dalam menanggapi isu-isu pendidikan, beberapa upaya yang bisa dilakukan adalah memberikan rasa keadilan terhadap peserta didik dalam proses pembelajaran, menganggap semua peserta didik setara dan tidak ada yang lebih spesial, memberikan pemahaman tentang perbedaan dan sikap saling menghargai, dan memastikan isu-isu pendidikan yang muncul tidak berpengaruh pada proses belajar-mengajar
3. Ruang Kolaborasi