Mohon tunggu...
MOCH YUSAK AFANDI
MOCH YUSAK AFANDI Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Malang

Halo!! Saya adalah orang yang hampir setiap hari menggunakan sosial media. Dari Instagram, tiktok, X, dan sebagainya. Dengan itu, saya mulai tertarik tentang hal yang bersangkutan mengenai media sosial. Maka dari itu, saya mulai memperdalam pengetahuan saya di bidang sosial media. Tak hanya sosial media tetapi juga mengenai design dan juga fotografi.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Pengabdian Masyarakat di Kelurahan Jodipan: Seminar Strategi Pemasaran Berbasis Identitas Bisnis dan Re-Design Logo UMKM Kelurahan Jodipan

18 Desember 2024   14:09 Diperbarui: 18 Desember 2024   14:09 18
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pada Selasa, 17 Desember 2024, Kelurahan Jodipan, Kota Malang, menjadi tuan rumah kegiatan pengabdian masyarakat yang bertajuk "Strategi Pemasaran dengan Menggunakan Identitas Bisnis". Kegiatan ini diselenggarakan oleh Mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2024 Universitas Negeri Malang yang bertujuan untuk memberikan wawasan kepada para UMKM dalam mengembangkan bisnis mereka.

Seminar ini diadakan sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan daya saing produk lokal pada UMKM di Kelurahan Jodipan. Desa yang dikenal sebagai destinasi wisata dengan Kampung Warna-Warni-nya ini memiliki banyak potensi, mulai dari kerajinan tangan, kuliner, hingga produk kreatif lainnya. Namun, banyak pelaku UMKM yang belum memahami pentingnya membangun identitas bisnis yang kuat sebagai strategi pemasaran. Seminar ini tidak hanya berupa paparan materi, tetapi para mahasiswa juga membantu para UMKM untuk membuat logo usaha mereka. 

Sekertaris Kepala kelurahan Jodipan menyampaikan apresiasi kepada penyelenggara atas kontribusinya dalam memberdayakan masyarakat lokal. "Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi warga kami. Dengan pengetahuan yang lebih baik, kami optimis produk lokal Kelurahan Jodipan dapat semakin dikenal di tingkat nasional maupun internasional," ujar Sekertaris Kepala Desa Jodipan.

Seminar ini diharapkan menjadi langkah awal untuk menciptakan ekosistem bisnis yang lebih berdaya saing di Kelurahan Jodipan. Peserta seminar diharapkan dapat menerapkan strategi pemasaran yang telah dipelajari, sehingga produk mereka mampu bersaing di pasar yang semakin kompetitif.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan bukti nyata bahwa kolaborasi antara akademisi, pemerintah, dan masyarakat dapat memberikan dampak positif bagi pemberdayaan ekonomi lokal. Dengan penguatan identitas bisnis, produk-produk dari Kelurahan Jodipan diharapkan tidak hanya menjadi kebanggaan lokal, tetapi juga mampu menarik perhatian pasar yang lebih luas. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun