kamis pagi menjelang siang muncul lagi pembahasan anak usia dini. tak sadar terbawa oleh pembahasan itu. dalam kekhusukan mendengarkan cerita akhirnya terflash back kehidupan masa kanak-kanak. baru sadar bahwa masa kecil ternyata menyenangkan dan tentunya membutuhkan perhatian yang lebih.
larut dalam cerita akhirnya muncul teori-teori baru yang baru ku kenal saat itu. teori yang menjelaskan asas-asas dan prinsip-prinsip dalam mendidik anak. asas-asas tersebut diantaranya yang dapat saya tangkap yaitu:
- Asas Apersepsi
Pembelajaran dengan memperhatikan pengetahuan dan pengalaman awal atau sebelumnya yang dimiliki anak agar hasil belajar anak tersebut dapat optimal.
- Asas Kekonkritan
Pembelajaran dengan menggunakan berbagai media dan sumber belajar yang nyata agar pembelajaran menjadi lebih bermakna pada anak.
- Asas Motivasi
Pembelajaran dirancang sesuai dengan kebutuhan minat dan kemauan anak agar anak memiliki dorongan untuk belajar. Pada asas ini guru dilarang untuk membebani anak dengan tugas-tugas rumah (PR).
- Asas Kemandirian
Pembelajaran yang dirancang untuk mengembangkan kemandirian dan memecahkan masalah yang dihadapinya. Contohnya si anak dapat menalikan sepatunya sendiri, si anak dapat mandi sendiri tanpa bantuan orangtua nya.
- Asas Kooperatif
Pembelajaran yang dirancang untuk mengembangkan keterampilan sosial anak melalui kerjasama.
- Asas Individualisasi
Pembelajaran yang dirancang dengan memperhatikan perbedaan individu.
- Asas Korelasi
Pembelajaran dirancang dan dilaksanakan antara aspek pengembangan satu dengan yang lainnya saling berkaitan.
- Asas Belajar Sepanjang Hayat
Pembekalan yang dirancang untuk membekali anak agar bisa belajar sepanjang hayat dan mendorong anak selalu ingin dan berusaha belajar kapanpun dan dimanapun.
- Asas NonDiskriminasi
Setiap anak dipandang sama dari  tanpa melihat perbedaan SARA
dan prinsip-prinsip yang harus dipegang dalam mendidik anak yaitu :
- Nondiskriminasi
Tidak membedakan SARA