Mohon tunggu...
Mochammad Nizar
Mochammad Nizar Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pelajaran

Be your self

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Bulan yang Ditunggu-tunggu Umat Muslim

27 Mei 2022   16:50 Diperbarui: 27 Mei 2022   17:00 262
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Haloo guyss, kali ini saya membahas tentang beberapa kegiatan di kampung saya dalam rangka menyambut bulan Ramadhan. Sebelumnya saya tinggal di daerah Sumbersari Malang. Kalau dikampung saya ini mesti diadakan seperi acara di kampung yaitu haul untuk menyambut bulan Ramadhan. Biasanya dilaksanakan seminggu sebelum puasa dan acara itu seharian penuh.

Di kampung saya ada Ansor dan Bansernya jadi sekalian ikut serta dalam memeriahkan kegiatan tersebut. Kebetulan saya menjadi bendahara Ansor Sumbersari Timur wkwk. Acara menyambut bulan Ramadhan ini diawali dengan pembacaan khotmil Qur'an atau bisa disebut dengan khataman. Khataman itu campur ada orang tua dan para pemuda seperti saya tetapi kalau pada tahun 2022 ini ada sedikit yang beda dari tahun-tahun sebelumnya yaitu di adakan juga gerak jalan pagi dan bazar makanan.

Kemudian setelah khataman Al-Qur'an sekitar jam 2 siang itu ada pengirim doa bagi orang-orang yang sudah meninggal. Lalu pada sore hari itu ada Qirab untuk anak-anak yang mengaji di TPQ dan itu sangat meriah karena di wilayah kampung saya itu cukup banyak TPQ nya.

Setelah itu acara dilanjutkan setelah magrib yaitu dengan pembacaan Maulid Diba' sampai menjelang isya. Kemudian lanjut dengan ceramah dari ustadz nah pada saat itu para banser ikut menjaga kegiatan mulai dari qirab sore hari tadi hingga acara selesai. Setelah ceramah ada satu kegiatan lagi yaitu santunan kepada anak yatim dan pembacaan doa.

Saya sangat senang dalam meyambut datangnya bulan Ramadhan karena acaranya hanya satu tahun sekali dan kegiatan itu saya juga ikut serta seperti ikut dalam pembacaan Khotmil Qur'an dan Diba'serta yang paling saya suka adalah bisa bertemu dengan teman-teman itu saja itu merupakan hal yang tidak bisa saya lupakan meskipun jarang bertemu karena aktivitas yang berbeda-beda seperti perbedaan tempat kuliah dan juga ada kerja juga.

Setelah semua rangkain acara selesai saya dan teman-teman saya itu tadi mengopi bersama dan merokok hingga malam hari atau biasanya hingga pagi hari sekitar jam 2 atau 3 pagi karena saking asiknya mengobrol dengan teman masa kecil dahulu yang sekarang jarang ketemu karena aktivitas masing-masing. 

Kemudian saya akan juga kegiatan-kegiatan pada bulan Ramadhan yaa guyys

Kegiatannya tidak jauh berbeda dengan kegiatan lainnya seperti terawih dan tadarus setiap harinya. Kalau saya setiap hari terawih dan tadarus hingga malam hari hingga sekitar jam 2 atau 3 pagi dan setelah itu membangunkan orang sahur. Hal itu setiap hari saya lakukan dengan teman-teman dikampung saya.

Saya sangat antusias dalam rangka menyambut bulan Ramadhan ini karena bulan Ramadhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh semua umat muslim. Dan biasanya dalam keluarga saya sebelem malam pertama sebelum puasa pergi ke kuburan dan mendoakan nenek-nenek dan kakek-kakek saya yang sudah almarhum dan almarhumah. Kemudian menurut saya dalam syariat umat muslim itu menyambut datangnya bulan Ramadhan yang mulai melakukan taubat, nahh taubat ini harus dengan sungguh mengharapkan pengampunan dari Allah SWT serta mempersiapkan diri dalam menghidupkan bulan suci ini dengan niatan yang tulus.

Menurut saya bulan suci ini membuat sibuk semua umat muslim dikarenakan adanya yang sibuk mencari takjil atau disebut dengan istilah ngabuburit sambil mencari takjil serta menungga waktu buka puasa. Kemudian ada juga istilah sahur on the road yakni mencari makanan untuk disantap pada waktu sahur tetapi makannya diluar dengan itu saya sngat senan dalam kegiatan-kegiatan bulan Ramadhan. 

Kemudian saya juga senang dalam kegiatan membangunkan orang sahur yang disebut dengan patrol untuk sahur karena dapat bercanda gurau dengan teman-teman lagi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun