Teks recount atau recount text atau istilah umumnya teks tentang pengalaman masa lalu adalah bagian dari teks story atau teks cerita. selain narrative ada teks recount yang merupakan teks cerita. yang membedakan dengan teks narrative, teks recount ini berisi tentang cerita nyata seseorang di masa lalu. kecuali teks narrative yang bersifat fiksi atau tidak nyata, teks recount merupakan kejadian masa lalu yang nyata dan diceritakan kembali oleh penulis.Â
Hal utama yang menjadi point dari teks ini adalah masa lalu. Sehingga dengan istilah masa lalu ini maka teks tersebut dibuat dengan menggunakan kata kerja yang dipakai untuk cerita masa lalu atau menggunakan kata kerja ke-2 seperti went, did, vsisited, grew up, stayed, moved, typed, wrote, slept dan lain sebagainya. Terkait pengetahuan teks masa lalu ini bisa kita pelajari dalam beberapa materi terkait jenis kata kerja dalam bahasa inggris.Â
Selanjutnya, teks ini memberikan gambaran kepada kita terkait pengalaman masa lalu, si pembaca atau reader akan menyelami informasi kejadian masa lalu yang dialami seorang penulis. sehingga tujuan dari teks ini adalah to retell the past events (menceritakan kembali kejadian kejadian di masa lalu)Â
Terkait struktur teks dari teks recount ini adalah berupa mengenalan dan rangkaian kejadian dan biasanya ditutup dengan kesimpulan dan kesan penulis. atau istilah umumnya disebut sebagai urutan Orientation, Series of Events, Reorientation. Kemudian seperti yang disebutkan diatas, gramatikal penggunaan bahasa nya adalah dengan menggunakan kata kerja kedua, baik kata kerja beraturan atau tidak beraturan (regular/irregular verbs). selanjutnya ada adverb of times dan adverb of sequence. atau kata keterangan waktu dan keterangan urutan. Untuk keterangan waktu tentunya penggunaan waktu di masa lampau, seperti kemarin, minggu lalu, bulan lalu, tahun lalu, beberapa hari yang lalu dan sebagainya. Untuk keterangan urutan bisa menggunakan Firstly, then, next, after that, finallu dan seterusnya.Â
Lalu, bagaimana pengajaran materi teks recount kepada siswa? hal sederhana yang bisa kita kenalkan ke anak atau siswa kita terkait recount adalah their real experience (pengalaman asli mereka sendiri). Pertama siswa diminta untuk mengingat kejadian di masa lalu, lalu siswa diberikan kesempatan untuk mengingat kejadian masa lalu mereka dengan memberikan pilihan sebagai berikut; funny? sad? happy? bitter? unforgetful?.Â
Jika mereka sudah menentukan pengalaman apa yang mereka ingat, maka guru bisa memulai dengan what? pengalaman apa? when? Kapan? where? dimana? dari pertanyaan itu akan memunculkan 1 paragraf orientation. contohnya sebagaimana kalimat di bawah:Â
i had a sad experience when i was at home alone last year
Kemudian guru bisa memberi stimulus kepada siswaÂ
how does it happen? (bagaimana ibu bisa terjadi)Â
lalu siswa akan menceritakan bagian per bagian dari pengalaman mereka yang kemudian disebut sebagai series of eventsÂ